4 Kuliner Khas Lampung yang Lezatnya Bikin Nggak Bisa Lupa

Kuliner khas Lampung yang disebut lezat dan selalu sukses bikin lidah bergoyang. Simak daftar lengkapnya!

Selain budaya yang beragam, Indonesia juga terkenal dengan makanan tradisionalnya yang bermacam-macam. Salah satunya adalah kuliner khas Lampung yang disebut lezat dan selalu sukses bikin lidah bergoyang.

Tidak sedikit wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke Lampung bukan hanya karena ingin liburan, tapi juga karena ini mencicipi makanan khas kota di Pulau Sumatera tersebut. Kalau kamu penasaran, berikut ini daftar kuliner khas Lampung yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sambal Asam Kembang

Kuliner khas Lampung yang pertama adalah sambal asam kembang. Meski namanya sambal asam, namun ternyata tidak ada sedikit pun campuran asam di dalamnya lho. Namun makanan ini dibuat dari terasi yang dicampur dengan buah kemang, yakni buah yang mirip dengan sambal muda.

2. Pempek Lampung

Kuliner Khas Lampung (via Lovely Lampung)

Kalau selama ini kamu hanya mengenal pempek yang berasal dari Palembang, ternyata di Lampung juga ada pempek lho. Rasa pempek Lampung tentu nggak kalah lezat jika dibandingkan dengan pempek Palembang. Pempek ini juga dijual dalam bentuk kemasan, sehingga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh orang-orang tersayang.

3. Mie Lampung

Kuliner Khas Lampung (via IDN Times)

Pernah dengar makanan Mie Lampung? Makanan ini sedikit berbeda dengan mie pada umumnya. Mie Lampung ini memiliki tekstur yang tidak lembek, dan saat penyajian pada bagian atas mie diberi taburan daging dan juga bumbu yang membuat cita rasa mie Lampung menjadi lebih lezat.

4. Pisro

Kuliner Khas Lampung (via Pergi Kuliner)

Selanjutnya ada Pisro yang juga termasuk makanan lezat khas Lampung. Pisro adalah olahan ikan yang biasanya dijadikan jamuan makan sehari-hari masyarakat Pepadun. Bahan utama dari pisro adalah ikan betok dan tembakang. Makanan ini bercitarasa gurih, dan dagingnya tebal, sehingga siapapun akan merasa puas ketika menyantapnya.

Nah, itu tadi beberapa kuliner khas Lampung yang lezat dan wajib banget dicoba kalau berkunjung ke sana. Apakah kamu sudah pernah mencicipinya? Kalau berkunjung ke Lampung, jangan sampai terlewat ya!

Kuliner Khas Lampung (via tvOne News)