3 Rekomendasi Museum di Palembang yang Cocok Banget untuk Wisata Edukasi

Ada beberapa wisata edukasi berupa museum di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Simak rekomendasinya berikut ini!

Palembang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata. Selain wisata alam, ada juga wisata edukasi berupa museum di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Itung-itung nambah belajar sejarah, kan?

Museum-museum ini cocok banget dikunjungi bersama si Kecil karena di sini terdapat berbagai macam koleksi peninggalan sejarah dan beraneka jenis kerajinan khas Palembang. Kalau kebetulan kamu berkunjung ke Kota Pempek ini, jangan lupa berkunjung ke beberapa museum berikut ini ya.

1. Museum Sriwijaya

Rekomendasi pertama ada Museum Sriwijaya yang berlokasi di Jl. Syakirti Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.  Di museum yang terkenal dengan nama Situs Karanganyar ini memiliki berbagai macam artefak purbakala. Tidak hanya itu, museum ini juga menyimpan beberala prasaati yaitu prasasti Talang Tuo, prasasti Telaga Batu dan juga Prasasti Kedukan Bukit.

Museum di Palembang (via SriwijayaPost Wiki)

2. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Rekomendasi kedua ada Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang terletak di Jl. Sultan Mahmud Badarudin, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Sebenarnya pada tahun 1724 hingga 1758 tempat ini merupakan istana Sultan Mahmud Badaruddin.

Namun pada tahun 1823, Inggris mengubah bangunan ini menjadi Gedung Siput khas Eropa. Dan pada tahun 1984, gedung ini diberikan kepada pemerintah Indonesia dan dijadikan museum untuk menyimpan koleksi artefak, pkaian tradisional, dan lain-lain.

Museum di Palembang (via Detik Sumsel)

3. Museum Bayt Al-Qur'an Al-akbar

Terakhir ada Museum Bayt Al-Qur'an Al-akbar yang terletak di Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang. Museum ini memiliki koleksi Al Quran terbesar di dunia yang tingginya sekitar 177 sentimeter. Al Quran raksasa ini dibuat oleh seniman kaligrafi Sofwatillah Mohzaib yang dengan menggunakan kayu tembesu. Menarik kan?

Nah, itu tadi tiga rekomendasi museum di Palembang[2] yang cocok banget untuk wisata edukasi bersama si kecil. Selain berlibur, wisata edukasi di atas juga bisa memperkaya wawasan dan kecintaan pada bangsa. Tertarik berkunjung ke sini?

Museum di Palembang (via Urbanasia)