5 Alasan Posisi Kamar Mandi Hotel Selalu Dekat Pintu Masuk, Sudah Tahu Belum?

Kira-kira apa ya alasan posisi kamar mandi hotel selalu dekat pintu masuk? Agar tidak penasaran, yuk simak ulasan berikut ini!

Buat kamu yang pernah menginap di hotel, kamu pasti menjumpai posisi kamar mandi hotel yang selalu dekat pintu masuk. Walau mungkin ada beberapa penginapan yang tidak menerapkan hal sama, namun penempatan ini ternyata menjadi salah satu standard umum yang digunakan sebagian besar hotel di dunia. Kira-kira kenapa ya semua kamar hotel memiliki tata letak ruang yang sama?

Sebenarnya hal tersebut bukanlah tanpa sebab. Ada sejumlah alasan yang mendasari posisi kamar mandi hotel selalu berada di dekat pintu masuk. Buat kamu yang belum tahu, berikut ini sejumlah alasan tentang posisi kamar mandi hotel yang selalu berada di dekat pintu masuk. Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menjaga Kamar Tetap Bersih

Alasan pertama adalah karena kamar mandi yang berada di dekat pintu masuk akan memudahkan kamu untuk mencuci tangan, kaki, wajah, sebelum masuk kamar. Seseorang mungkin menghadapi polusi, hujan, atau penyebab lain yang membuat tubuh jadi kotor.

Dengan menyediakan kamar mandi di dekat pintu masuk, maka kamu akan lebih mudah membersihkan diri dan berganti pakaian. Dengan demikian, kamar dan kasur hotel akan tetap bersih dan steril.

2. Tempat Tidur Tetap Kering

Posisi Kamar Mandi Hotel (via RAJA DISAIN INTERIOR)

Kamar mandi merupakan area basah. Karena itulah, tujuan dari kamar mandi yang diposisikan dekat pintu masuk adalah agar cipratan dar kamar mandi tidak langsung terkena tempat tidur. Sehingga tempat tidur tetap kering dan nyaman saat digunakan.

3. Efisiensi Pelayanan

Posisi Kamar Mandi Hotel (via Rumah)

Alasan selanjutnya adalah demi efisiensi pelayanan. Area kamar mandi adalah bagian yang membutuhkan pembersihan maksimal. Karananya, posisi ini dianggap strategis karena staf hotel akan lebih mudah saat membersihkan atau merapikan kamar setelah tamu check out.

4. Faktor Desain Ruangan

Posisi Kamar Mandi Hotel (via Harian Haluan)

Alasan ke empat kenapa kamar mandi hotel berada di dekat pintu masuk adalah karena adanya faktor desain ruangan. Hotel sengaja merancang posisi kamar mandi di depan setelah pintu masuk karena dinilai lebih efisien dan ergonomis. Sehingga ruangan bagian dalam kamar bisa difungsikan secara maksimal demi kenyamanan penghuninya.

5. Lebih Aman dan Nyaman

Posisi Kamar Mandi Hotel (via Grid)

Dan terakhir, kamar mandi yang berada di dekat pintu masuk bertujuan agar tamu hotel tidak akan merasa terganggu jika ada kerusakan pada saluran air. Dengan begitu, saat saluran tersebut diperbaiki, maka tamu hotel tetap bisa beristirahat dan menghabiskan waktu tanpa terganggu area privasinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa alasan posisi kamar mandi hotel selalu dekat pintu masuk. Ternyata setiap desain memiliki alasan dan pertimbangan demi kenyamanan dan kebaikan bersama. Cukup menarik ya?

Posisi Kamar Mandi Hotel (via kayak)