Wajib Dibawa Pulang, Ini 5 Oleh-Oleh Khas Madura yang Populer Banget

Liburan ke Pulau Garam tentu belum lengkap kalau nggak bawa oleh-oleh khas Madura saat pulang ke rumah. Yuk simak rekomendasi berikut ini!

Liburan ke Pulau Garam tentu belum lengkap kalau nggak bawa oleh-oleh khas Madura saat pulang ke rumah. Sebab, meski bukan termasuk Pulau yang besar, namun Madura memiliki beragam oleh-oleh yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Setidaknya ada empat Kabupaten di Pulau Madura yang bisa kamu kunjungi dan memiliki oleh-oleh khas masing-masing. Lantas, apa saja oleh-oleh tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Teri Krispi

Kalau biasanya kita sering menjumpai jajanan jamur atau tahu krispi, namun di Madura ada oleh-oleh bernama Teri Krispi. Sama seperti namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan teri yang diolah dengan bumbu atay rempah, sehingga rasanya enak banget. Makanan ini cocok banget dijadikan oleh-oleh sebab bisa jadikan camilan atau lauk pauk.

2. Sewel

Oleh-Oleh Khas Madura (via Tokopedia)

Kedua, ada sewel yang juga cocok dijadikan oleh-oleh. Buat kamu yang belum tahu, sewel adalah makanan yang mirip dengan cireng dan biasanya dimakan dengan menggunakan cocolan sambal petis.

Makanan ini terbuat dari tepung sagu dan dicampur dengan bumbu serta udang segar. Jadi nggak heran kalau makanan ini bercitarasa gurih, dan memiliki tekstur yang renyah diluar namun lembut di dalam.

3. Los Elos

Oleh-Oleh Khas Madura (via Surabaya Insider)

Selanjutnya ada Los Elos yang terbuat dari singkong dan gula meraha, Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini dimasak dengan cara dikukus. Sayangnya, Los Elos tidak terlalu tahan lama. Jadi lebih enak kalau dijadikan camilan saat perjalanan. Namun jika tempat tinggalmu berjarak dekat dengan Madura, maka tidak masalah membawa Los Elos sebagai oleh-oleh.

4. Keripik Tette

Oleh-Oleh Khas Madura (via KASKUS)

Terakhir ada Keripik Tette yang juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Madura yang populer. Makanan ini terbuat dari singkong. Rasanya gurih dan biasanya disajikan bersama petis yang terbuat dari kaldu ikan. Cocok banget deh kalau dijadikan oleh-oleh.

5. Petis Madura

Oleh-Oleh Khas Madura (via Libur)

Petis Madura merupakan produk yang berasal dari ekstraksi ikan yang prosesnya memakan waktu hingga dua hari. Setelahnya, petis difermentasi selama sebulan dengan tambahan gula agar konsistensinya lebih kental. Bahan-bahan dalam pembuatan petis Madura antara lain adala ikan tuna, pindang, dan udang. Umumnya, hidangan ini dijadikan pelengkap sambal dengan tambahan buah-buahan dan sayuran.

Nah, itu tadi beberapa oleh-oleh khas Madura yang populer dan wajib dibawa pulang untuk oleh-oleh orang tersayang. Mencarinya juga tidak repot karena banyak tersedia di berbagai toko oleh-oleh khas Madura. Selamat mencoba!

 

Oleh-Oleh Khas Madura (via IDN Times)