Polusi Udara Semakin Buruk! Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Tubuh Tetap Sehat

Mengonsumsi makanan penangkal efek polusi udara merupakan salah satu cara menjaga diri saat polusi udara di kota besar di Indonesia semakin buruk.

Mengonsumsi makanan penangkal efek polusi udara merupakan salah satu cara menjaga diri saat polusi udara di kota besar di Indonesia semakin buruk. Kualitas udara yang semakin menurun akan berdampak negatif pada sistem pernapasan dan kesehatan.

Namun jangan khawatir, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa penerapan pola makan sehat dapat membantu mengurangi dampak buruk dari polutan udara. Kamu bisa memilih makanan-makanan ini sebagai bagian dari pola makan sehari-hari untuk membantu tubuhmu melawan dampak negatif polusi udara.

1. Buah-buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan strawberry kaya akan antioksidan, terutama vitamin C dan vitamin E. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara.

2. Sayuran Hijau

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via Lemonilo)

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung senyawa seperti glukosinolat yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh akibat paparan polusi udara. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

3. Jagung Manis

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via Katadata)

Jagung manis mengandung beta-karoten, pigmen yang memberikan warna kuning pada sayuran ini. Beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit serta membantu melawan efek negatif polusi udara.

4. Alpukat

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via KOMPAS)

Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E yang tinggi, yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin E membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh polutan dalam udara.

5. Ikan Berlemak

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via Detik)

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan memiliki efek antiinflamasi. Omega-3 juga dapat membantu meredakan peradangan akibat paparan polusi udara.

6. Bawang Putih

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via Pikiran-Rakyat)

Bawang putih telah lama dikenal karena sifat anti-mikroba dan anti-inflamasinya. Senyawa allicin dalam bawang putih memiliki kemampuan untuk membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya, termasuk yang berasal dari udara yang tercemar.

7. Teh Hijau

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via astronauts)

Teh hijau mengandung polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan alami. Polifenol dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko peradangan.

8. Kacang-kacangan

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via HonestDocs)

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang merah kaya akan vitamin E, serat, dan protein nabati. Ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari dampak polusi udara.

Dengan memasukkan makanan-makanan ini dalam pola makan sehari-hari, kamu dapat memberikan dukungan tambahan dalam melawan efek polusi udara. Tetapi perlu diingat, makanan penangkal efek polusi udara hanya merupakan salah satu langkah dalam menjaga kesehatan. Penting juga untuk mengurangi paparan polusi udara dengan cara-cara seperti menggunakan masker saat perlu, menghindari area dengan polusi tinggi, dan menjaga ventilasi di dalam ruangan.

 

Makanan Penangkal Efek Polusi Udara (via Hello Sehat)