7 Cara Ampuh Mengambil Hati Calon Ipar

mengambil hati calon ipar sangat penting agar langkahmu menjadi lancar dan tanpa konflik internal. Bagaimana caranya?

Kenapa sih kamu harus tahu cara mengambil hati calon ipar? Faktanya, saat menjalin hubungan, tentunya kamu ingin berhubungan baik dengan keluarga pasanganmu. Bukan hanya fokus pada orang tua pasangan, mengambil hati calon kakak atau adik ipar juga tak kalah penting untuk memastikan langkahmu menuju dan setelah pernikahan menjadi lancar dan tanpa konflik internal.

Walaupun kelihatannya sepele, sosok ipar juga bisa menjadi penentu kelanggengan kehidupan rumah tanggamu. Untuk itu, kamu perlu memberi kesan yang baik agar mendapatkan restu dari calon ipar. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara efektif yang bisa kamu terapkan untuk mengambil hati calon ipar.

1. Bersikap Sopan dan Ramah

Hal dasar yang perlu kamu pahami adalah memberikan kesan ramah dan baik. Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan memberikan salam dan senyuman hangat saat pertama kali bertemu. Perlihatkan sikap yang ramah dan hormati calon ipar seperti kamu memperlakukan saudara sendiri. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan tidak akan merasa kehadiranmu adalah sebuah ancaman.

2. Antusias dalam Interaksi

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Popbela)

Menunjukkan minat yang tulus terhadap kehidupan, kegemaran, dan pandangan calon ipar bisa membangun kedekatan. Kamu bisa bertanya tentang kegiatan mereka, hobi, atau pengalaman hidup yang dapat menjadi bahan perbincangan yang menarik. Tunjukkan ketertarikan yang tulus dalam setiap obrolan dengan calon ipar. Hal ini akan membuat mereka nyaman dan tidak memandangmu sebelah mata.

3. Jujur Tentang Diri Sendiri

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Popmama)

Berbicara tentang diri sendiri dengan jujur akan membuatmu terlihat autentik dan dapat diandalkan. Ceritakan impian, tujuan, dan nilai-nilai yang kamu pegang. Hal ini akan memberi kesempatan calon ipar untuk lebih mengenalmu dan merasa nyaman.

4. Membantu Seperlunya

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Beautynesia)

Kehadiran anggota keluarga baru bisa saja menimbulkan kecemburuan yang merusak suasana di rumah. Karenanya, hindari hal tersebut dengan sebisa mungkin menjaga hubungan baik. Salah satu caranya, saat berada di rumah calon ipar, tawarkan bantuan dalam persiapan atau tugas-tugas rumah tangga. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu peduli dan ingin berkontribusi. Namun, pastikan tidak mengganggu area privasi dan juga jangan merasa terlalu di atas angin.

5. Tunjukkan Perhatian

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Popbela)

Ungkapkan rasa terima kasih atas keramahan dan sambutan hangat yang diberikan oleh keluarga pasanganmu. Kamu juga bisa membawa hadiah kecil sebagai tanda penghargaan. Gestur ini akan membuatmu terlihat perhatian dan menghargai relasi keluarga. Dengan begitu kamu akan selangkah lebih dekat dalam mengambil hati calon ipar.

6. Hindari Konflik dan Topik Sensitif

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Haibunda)

Perbedaan pendapat adalah salah satu faktor yang membuat hubungan seseorang menjadi renggang. Karenanya, sebisa mungkin hindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan ketegangan dan perdebatan yang tidak perlu.

Dalam hal ini, saat berbicara dengan calon ipar, usahakan untuk menghindari topik-topik kontroversial atau sensitif yang dapat memicu konflik. Jaga komunikasi tetap positif dan ringan. Hindari komentar atau pandangan yang berpotensi menimbulkan perbedaan pendapat yang besar.

7. Tetap Menjadi Dirimu Sendiri

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Glitzmedia)

Yang terpenting dalam upayamu masuk dalam lingkungan keluarga pasangan adalah tetap menjadi dirimu sendiri. Bersikaplah apa adanya dan jangan berpura-pura menjadi seseorang yang lain. Kecerdasanmu, kebaikanmu, dan integritasmu akan bersinar lebih terang daripada mencoba menjadi orang lain.

Pada akhirnya, mengambil hati calon ipar bukanlah tentang menjadi sempurna, tetapi tentang memberikan kesan yang tulus dan baik. Dengan menerapkan tujuh cara efektif di atas, kamu dapat membangun hubungan yang positif dengan calon ipar dan mempererat ikatan antara keluarga masing-masing. Ingatlah bahwa kesan pertama tidak selalu berarti segalanya, konsistensi dan usaha terus-menerus adalah kunci dalam membangun hubungan yang langgeng.

 

Cara Mengambil Hati Calon Ipar (via Popbela)