Istana Negara Angker? Gus Dur Pernah Rasakan Gangguan Gaib Ini

Mantan presiden Gus Dur pernah merasakan gangguan gaib saat tinggal di Istana.

Benarkah kawasan Istana Negara angker? Mantan presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur kabarnya pernah merasakan gangguan gaib selama tinggal di istana saat masih jadi presiden. Hal itu pernah tertuang dalam buku Biografi Abdurrahman Wahid karya Greg Barton yang sedikit membagas soal cerita mistis istana.

Kabarnya ketika Gus Dur dan keluarga pindah ke istana, pihaknya harus melakukan negoisasi atau komunikasi dengan sosok gaib penjaga istana. Kawasan istana disebut sebagai tempat yang angker karena sudah berdiri sejak ratusan tahun silam atau zaman kolonial Belanda. 

Beberapa ruangan dalam istana disebut angker, salah satunya sebuah ruangan yang saat ini digunakan untuk menyimpan bendera pusaka. Bendera pusaka adalah bendera yang digunakan hanya saat peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus saja. Artinya ruangan penyimpanan itu hanya dibuka setahun sekali saja.

Melansir dari Okezone, Yenny Wahid salah satu anak Gus Dur mengatakan bahwa istana memang seram dan ada beberapa ruangan yang membuatnya tidak nyaman. Yenny cerita ayahnya pernah beberapa kali diganggu makhluk halus. Misalnya saat sedang duduk tiba-tiba kursi yang diduduki Gus Dur bergoyang sendiri.

Selain itu pernah juga ketika Gus Dur sedang melakukan pengajian di istana. Tiba-tiba ada sebuah pohon beringin yang mengeluarkan asap putih. Sontak kejadian itu membuat orang-orang yang ikut pengajian menjadi ketakutan.

Gus Dur pun berani ‘menghadapi’ sosok gaib itu. Gus Dur dengan bahasa Jawa coba berkomunikasi dengan para sosok hantu itu. “"Wis, aku ngerti kowe ono, ojo ganggu aku ya (Sudah, saya tahu kamu ada, jangan ganggu saya,ya). Kamu di duniamu, saya di dunia saya sekarang,” ucap Gus Dur saat berkomunikasi.

Cerita Horor Gus Dur di Istana Negara (CNN Indonesia)

Dilansir dari Voi, misalnya Istana Negara di Jakarta yang dibangun sejak masa kolonial Belanda. Beberapa orang yang pernah datang ke tempat di jalan Medan Merdeka Utara ini melihat sekelebatan sosok hantu berwujud noni-noni Belanda yang sedang berkumpul mengenakan gaun pesta yang anggun.

Tak hanya Istana Negara saja, beberapa istana kepresidenan lain di Indonesia juga diduga memiliki cerita menyeramkan. Misalnya di Istana Bogor. Di istana yang dekat dengan Kebun Raya Bogor ini memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah hingga patung berwujud wanita bernama Endang Teratai. Mitosnya di malam-malam tertentu, patung itu sering hilang. Tapi keesokan harinya patung itu kembali muncul di tempatnya.

Cerita Horor Gus Dur di Istana Negara (NU Online)