Bisa Jadi Gangguan Mental, Begini Cara Mengatasi Mood Swing

Cara mengatasi mood swing ini wajib kamu ketahui agar tidak berlanjut dan menjadi lebih serius karena jika terlalu ekstrem maka bisa merujuk pada gangguan mental.

Mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah bisa dialami siapa saja, baik orang dewasa ataupun anak-anak. Namun jangan dibiarkan ya, karena bisa merugikan diri sendiri. Ada baiknya segera mencari tahu bagaimana cara mengatasi mood swing agar tidak menjadi kebiasaan.

Sebagai informasi, mood swing adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan suasana hati seseorang yang berubah-ubah. Sebenarnya mood swing adalah hal yang normal, namun jika dibiarkan lama-kelamaan akan berubah menjadi ekstrem dan bisa merujuk pada gangguan mental.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami mood swing, yakni kondisi hormon, ketidakseimbangan kimia otak, menderita penyakit tertentu, dan ada gangguan mental. Nah, agar tidak berlanjut dan menjadi lebih serius. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mood swing.

1. Membuat Mood Diary

Kamu pernah mendengar istilah mood diary? Mood diary adalah catatan yang berisi tentang semua suasana hati yang kamu alami beserta alasannya kenapa kamu mengalami hal tersebut. Catatan ini dibuat dengan tujuan agar kamu bisa memperhatikan pola-pola mood swing yang kamu alami, sehingga mudah dikenali dan bisa segera dihindari.

Cara Mengatasi Mood Swing (via Pholder)

2. Konsultasi Pada Psikolog atau Psikiater

Cara mengatasi mood swing yang kedua adalah dengan berkonsultasi pada psikolog atau psikiater. Cara ini umumnya sangat efektif karena psikolog atau psikiater akan membantu kamu mengidentifikasi penyebab mood swing dan memberikan solusinya. Kamu akan menjalani sesi konseling dan setelah diketahui penyebabnya maka kamu akan diberikan penanganan berupa psikoterapi dan obat-obatan.

Cara Mengatasi Mood Swing (via Parentalk)

3. Mengubah Gaya Hidup

Cara terakhir agar mood swing bisa diatasi adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kamu bisa mulai berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan juga mengelola stres. Dengan begitu, mood swing lambat laun akan teratasi dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi mood swing yang seringkali mengganggu kehidupan sehari-hari. Jangan dibiarkan ya, agar kesehatan mental kamu tetap terjaga.

Cara Mengatasi Mood Swing (via IDN Times)