Saloka Theme Park Resmi Dibuka Nih, Main Yuk!

Saloka Theme Park diklaim sebagai taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Nah, taman bermain ini baru aja dibuka. Main ke sana yuk.

Saloka Theme Park di kawasan wisata Rawa Pening, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, bakal jadi tempat wisata baru nih di Jawa Tengah. Taman bermain ini baru aja resmi dibuka dalam acara soft opening pada Sabtu (15/12/2018) kemarin.

Taman bermain ini berlokasi di Jalan Fatmawati nomor 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang. Saloka Theme Park berdiri di area dengan luas total mencapai 18 hektar. Demikian, taman rekreasi ini diklaim sebagai yang terbesar di Jawa Tengah. 

Pembukaannya dimulai dengan pertunjukan drum band yang dilanjutkan dengan penampilan sendratari yang mengisahkan Legenda Rawa Pening.

Wahana di Saloka Theme Park (Instagram @indothemepark)

Seperti dikutip dari Kompas.com, nama Saloka diambil dari nama Ki Hajar Salokantara. Ia adalah ayah dari tokoh utama dalam Legenda Rawa pening Baru Klinting.

Nama itu dipilih dengan harapan agar taman rekreasi ini ikut melegenda pula sebagaimana Rawa Pening.

Tiket Saloka Theme Park (Instagram @ti.kaaaa)

Acara soft opening Saloka Theme Park ini dihadiri oleh Walikota Salatiga, Yulianto dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih.

Yulianto berharap agar kehadiran Saloka Theme Park bisa bersinergi dengan Kota Salatiga. Dengan begitu, kunjungan wisata di dan ke Kabupaten Semarang dan Salatiga bisa meningkat.

Wahana di Saloka Theme Park (Instagram @beritasolo.id)

Menurut Yulianto dalam pidatonya, Saloka Theme Park merupakan tempat bermain atau berekreasi. Sementara untuk menginap dan bersantap semua ada di Salatiga.

Sementara itu menurut Erwin Kristianto, Staff Sales Marketing PT Panorama Indah Permai, seperti dikutip dari Tribun-Jateng.com, taman bermain ini memiliki dua puluh lima wahana.

Wahana-wahana yang ditawarkan mulai dari Cakrawala, Jejogetan, Pakubumi, Bengak-Bengok, Adu Nyali, Ecowisata Angon-Angon, termasuk Agrowisata Ijo Royo-Royo.

Saloka Theme Park (Instagram @aslodotco)

Kalo capek bermain, taman rekreasi ini juga punya kedai kuliner kok. Jadi pengunjung bisa beristirahat sejenak sambil bersantap.

Menurut Erwin, untuk bisa masuk ke Saloka Theme Park, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp120 ribu untuk Senin-Jumat. Sementara Sabtu-Minggu dan hari libur, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp150 ribu.

Peta wahana di Saloka Theme Park (Instagram @salokathemepark)

Tapi tenang gengs, pada Desember 2018 ini, pengunjung dapat diskon sebesar 20 persen. Jadi pengunjung hanya dikenai biaya Rp96 ribu untuk hari kerja, serta Rp120 ribu saat akhir pekan atau tanggal merah.

Saloka Theme Park dibuka pukul 10.00-18.00 WIB pada hari kerja. Sementara pada akhir pekan dan hari libur buka pukkul 10.00-20.00.

Buat kalian yang tinggal di Jawa Tengah dan sekitarnya, Saloka Theme Park bisa jadi tempat alternatif buat mengisi waktu luang liburan. Yuk lah, main ke sana.

Salah satu wahana di Saloka Theme Park (Instagram @beritasolo.id)