Mengenal Apa Itu Indeks Glikemik: Pengaruhnya pada Pola Makan dan Kesehatan

Mengenal Apa Itu Indeks Glikemik: Pengaruhnya pada Pola Makan dan Kesehatan

Indeks glikemik (GI) adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan memengaruhi kadar gula (glukosa) darahmu saat makanan itu dimakan sendiri.

# Makanan GI tinggi

Makanan karbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan glukosa darah secara cepat memiliki peringkat GI yang tinggi. Beberapa makanan GI tinggi adalah:

1. Gula dan makanan manis

2. Minuman ringan manis

3. Roti putih

4. Kentang

5. Nasi putih

Makanan dengan index glikemik tinggi (healthkompas.com)

# Makanan GI rendah dan sedang

Makanan GI rendah atau sedang dipecah lebih lambat dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara bertahap dari waktu ke waktu. Beberapa contohnya adalah:

1. Beberapa buah dan sayuran

2. Makanan dari gandum, seperti bubur gandum

# Apakah Makanan GI Rendah Lebih Sehat?

Beberapa makanan rendah GI, seperti makanan gandum, buah, sayuran, kacang-kacangan dan lentil, adalah makanan yang harus kita konsumsi sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Namun, menggunakan indeks glikemik untuk memutuskan apakah makanan atau kombinasi makanan itu sehat bisa menyesatkan.

Daftar Indeks Glikemik makanan(abuazmashare2014.blogspot.com)

Makanan dengan GI tinggi belum tentu tidak sehat dan tidak semua makanan dengan GI rendah itu sehat. Misalnya semangka adalah makanan GI tinggi, sedangkan kue coklat memiliki nilai GI lebih rendah.

Selain itu, makanan yang mengandung atau dimasak dengan lemak dan protein memperlambat penyerapan karbohidrat, menurunkan GI mereka. Misalnya, keripik memiliki GI lebih rendah daripada kentang yang dimasak tanpa lemak. Namun, keripik tinggi lemak dan harus dimakan secukupnya.

Jika kamu hanya makan makanan dengan GI rendah, dietmu mungkin tidak seimbang dan tinggi lemak.

Konten Tiktok tentang Indeks Glikemik (wowkeren.com)

# Bisakah makanan GI rendah membantu saya menurunkan berat badan?

Makanan rendah GI, yang menyebabkan kadar gula darah naik dan turun secara perlahan, dapat membantumu merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mungkin berguna jika kamu mencoba menurunkan berat badan.

Namun seperti yang telah disebutkan di atas, tidak semua makanan dengan GI rendah itu sehat. Oleh karena itu, mengandalkan GI saja bukanlah cara yang baik untuk memutuskan apakah makanan atau kombinasi makanan itu sehat.

# Bisakah indeks glikemik membantu penderita diabetes?

Indeks glikemik dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 karena mengonsumsi makanan dengan peringkat GI rendah dapat membantu mengontrol glukosa darah.

Namun, faktor-faktor lain juga harus diperhitungkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah karbohidrat yang kamu makan, daripada peringkat GI-nya, memiliki pengaruh terbesar pada kadar glukosa darah setelah makan.

Penting juga untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang rendah lemak, gula dan garam, serta banyak buah dan sayuran. Jika kamu telah disarankan untuk melakukan perubahan pada dietmu, atau kamu memerlukan saran, ahli diet diabetes dapat membantumu menyusun rencana diet.