Mengenal Berbagai Manfaat Buah Zuriat yang Banyak Nutrisi Penting untuk Kesehatan

Dikenal sebagai buah yang bisa membantu ikhtiar kehamilan, nyatanya manfaat buah zuriat memiliki banyak gizi dan nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Siapa yang tidak mengenal dengan buah zuriat? Manfaat buah zuriat yang selama ini lebih dikenal untuk membantu wanita agar cepat hamil, sehingga banyak masyarakat yang mengonsumsi buah zuriat sebagai salah satu ikhtiar kehamilan.

Buah zuriat, juga dikenal dengan nama "Hyphaene thebaica" adalah buah yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya. Dalam kitab Al Quran, buah yang bermakna “benih” ini juga disebut sebagai salah satu buah yang memiliki banyak kebaikan dan memberikan nikmat untuk manusia.

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang secara pasti menyebutkan buah zuriat bisa membantu agar cepat hamil, namun nyatanya zuriat memiliki banyak gizi dan nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Mari kenali beberapa manfaat yang menarik dari buah zuriat.

1. Mencegah Penuaan Dini

Buah zuriat kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat berkontribusi pada penuaan dini dan risiko penyakit degeneratif. Dengan mengonsumsi buah zuriat, tubuh dapat terlindung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat Buah Zuriat (via Kompas)

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah zuriat telah digunakan dalam tradisi pengobatan untuk mengatasi masalah pencernaan. Sebanyak 22 persen kandungan gizi dari buah zuriat berasal dari serat. Serat yang terkandung dalam buah ini dapat membantu meredakan masalah seperti sembelit, gangguan pencernaan, kembung, dan diare.

Manfaat Buah Zuriat (via Hello Sehat)

3. Mengendalikan Kadar Gula

Penelitian awal telah menunjukkan bahwa ekstrak buah zuriat dapat memiliki manfaat dalam membantu mengelola kadar gula darah. Senyawa aktif dalam buah ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dalam penelitian disebutkan bahwa mereka yang mengidap diabetes dan rutin mengonsumsi zuriat, maka akan memiliki kadar gula yang lebih stabil. Hal ini disebabkan kadar indeks glikemik buah zuriat cukup kecil sehingga ia aman untuk gula darah.

Manfaat Buah Zuriat (via Tribun Jogja)

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam buah zuriat memiliki manfaat positif bagi kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan menjaga keseimbangan kolesterol. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah ini dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat buah zuriat bagi kesehatan. Jika tertarik untuk mencoba buah zuriat atau ekstraknya sebagai bagian dari rutinitas kesehatan, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan profesional medis yang berpengalaman agar mendapatkan saran yang tepat dan aman.

Manfaat Buah Zuriat (via Kompas Health)