6 Negara yang Hilang Dari Peta Dunia, Sudah Tahu Belum?

Tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang hilang dari peta dunia, padahal negara-negara ini pernah berjaya pada masanya. Apakah sebabnya?

Tahu nggak sih, kalau ternyata ada sejumlah negara yang hilang dari peta dunia? Negara-negara ini sebenarnya pernah berjaya pada masanya. Namun karena beberapa sebab, akhirnya negara ini terpaksa hilang dari peta.

Perlu diketahui bahwa hilangnya sebuah negara dalam peta dunia bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti berganti nama, bergabung dengan negara lain, berpisah dan membentuk negara baru, serta bisa juga karena kehilangan kedaulatan dan diambil alih oleh negara lain.

Lantas, negara mana saja sih yang dulu pernah ada namun kini sudah hilang dari peta dunia? Kenapa pula alasannya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Republik Rakyat Tuvan

Pernah dengar Negara Republik Rakyat Tuvan? Negara ini menjadi bagian dari dinasti Qing Tiongkok sebelum diambil alih oleh Kekaisaran Rusia. Pada 14 Agustus 2021, kaum Bolshevik mendirikan Republik Rakyat Tuvan yang dikenal sebagai Tannu Tuva hingga tahun 1926 setelah mendapat dukungan dari Rusia.

Namun pada 11 Oktober 1944, Republik Rakyat Tuvan kemudian bergabung dengan Uni Soviet dan secara resmi bergabung, sehingga negara Republik Rakyat Tuvan sudah tidak ada lagi. Uni Soviet sendiri pada akhirnya juga runtuh beberapa dekade kemudian.

2. Vietnam Utara/Vietnam Selatan

Negara yang Hilang dari Peta (via Pinterest)

Munculnya Negara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan disebabkan oleh perang vietnam yang terjadi pada gahun 1954/1955 yang mengakibatkan wilayah Vietnam terpisah. Negara Vietnam Utara dipimpin oleh pemerintah komunis kemudian bersekutu dengan Uni Soviet Cina Komunis, sementara Vietnam Selatan dipimpin oleh pemerintahan yang demokratis dan bersekutu dengan Amerika Serikat. Namun setelah perang Vietnam berakhir, kedua negara tersebut akhirnya bersatu kembali menjadi negara tunggal pada 1975.

3. Cekoslovakia

Negara yang Hilang dari Peta (via Finansialku)

Selanjutnya ada Negara Cekoslovakia yang terletak di Eropa Tengah. Negara yang berdiri pada 28 Oktober 1918 ini mewakili dua etnis Slavia yakni Ceko dan Slovakia. Sayangnya negara ini mengalami perpecahan politik dan ekonomi secara besar-besaran pada perang dunia II dan perang dingin. Dan setelah revolusi Beludru, akhirnya Cekoslovakia berpisah dari Slovakia dan Republik Ceko. Dan sejak tahun 1993 negara ini sudah tidak ada lagi.

4. Uni Soviet

Negara yang Hilang dari Peta (via Ilmu Geografi)

Nama Uni Soviet tentunya tidak asing karena begitu banyak perannya dalam sejarah. Negara ini berdiri pada tahun 1922, dan awalnya bernama Republic Socialist Soviet (RSS). Seperti namanya, RSS adalah gabungan dari beberaoa negara berpaham sosialis-komunisme. Namun negara dengan luas 8.649.500 ini akhirnya resmi runtuh pada 25 Desember 1991 dan terpecah menjadi 15 negara baru.

5. Tibet

Negara yang Hilang dari Peta (via Kompas)

Tibet juga menjadi salah satu negara berdaulat yang cukup berpengaruh dalam peradaban manusia. Berdiri sejak tahun 1913, wilayah ini kemudian diduduki oleh Komunis China pada tahun 1951. Tibet sempat melawan namun usahanya gagal dan hingga kini menjadi wilayah dalam pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok.

6. Yugoslavia

Negara yang Hilang dari Peta (via Tibet post International)

Berdiri sejak tahun 1918, Yugoslavia menjadi salah satu negara yang cukup dikenal di masanya. Sejarah mencatat bahwa negara ini pernah menggagalkan aksi Uni Soviet yang ingin menguasai wilayahnya. Sayangnya, kedaulatan itu akhirnya berakhir pada tahun 1990-an, ketika wilayah ini dilanda perang saudara. Akhirnya, Yugoslavia pecah menjadi enam negara baru, yaitu Slovenia, Kroasia, Bosnia, Serbia, Macedonia, dan Montenegro.

Nah, itu tadi beberapa negara yang hilang dari peta dunia. Selain daftar di atas, masih ada beberapa negara lain yang pada akhirnya runtuh, bubar, atau berganti nama sehingga tak pernah muncul lagi dalam peta.

Negara yang Hilang dari Peta (via I.I.M.U.N)