Bukan Arogan, Ini Alasan Paspampres Tarik Bupati Bengkulu Utara Saat Kunjungan Presiden Jokowi

Bupati Bengkulu Utara ditarik tangannya oleh Paspampres saat damping kunjungan Presiden Jokowi ke sebuah pasar di Bengkulu.

Mian Bupati Bengkulu Utara viral karena tangannya ditarik oleh Paspampres. Padahal Mian sedang mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi pasar di Bengkulu Utara beberapa waktu lalu. Banyak warganet menduga oknum Paspampres tersebut diduga arogan karena aksinya itu.

Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan memberikan klarifikasi. Bey mengatakan tentu ada alasan kenapa Mian ditarik oleh Paspampres. Menurutnya Paspampres meminta Mian untuk menjaga jarak kala mendampingi Jokowi dan ibu negara, Iriana.

“Seorang Paspampres secara refleks menarik lengan Bupati Bengkulu Utara agar menjaga jarak sehingga tidak membahayakan langkah Presiden dan Ibu Negara yang sedang dikerumuni masyarakat,” kata Bey dilansir dari Kompas.com.

Sementara itu usai dirinya ditarik oleh Paspampres karena diminta menjaga jarak dengan Jokowi dan Iriana, Mian justru tak merasa keberatan dan tak mempermasalahkan. Baginya tidak apa-apa dirinya ditarik Paspampres yang penting pihaknya sudah berhasil menarik program dari pemerintah pusat kepada daerah dengan baik.

Sebagai orang nomor satu di Bengkulu Utara, Mian memang mendampingi Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di wilayahnya. Mian sangat semangat menemani Jokowi termasuk ketika orang nomor satu di Indonesia itu berinteraksi dengan warga Bengkulu dan sekitarnya.

Seperti diketahui Paspampres memiliki tugas yang tidak mudah. Paspampres harus siaga melindungi Presiden dan Ibu Negara saat melakukan kegiatan. Paspampres harus menjamin keselamatan pribadi dan melindunginya dari ancaman bahaya langsung jarak dekat.

Paspampres Tarik Bupati Bengkulu Utara (Tribunnewswiki)

Makanya meskipun Jokowi sangat dekat dengan rakyat karena sering bersalaman, berfoto selfie, hingga berbincang, Paspampres harus berusaha menjaga supaya hal-hal yang tidak dinginkan terjadi. Termasuk yang dilakukan kepada Mian karena dianggap memiliki jarak dekat dengan Jokowi dan Iriana.

Selain melindungi Presiden dan Ibu Negara, Paspampres bertugas untuk mengamankan dan menjaga keselamatan wakil presiden, dan keluarga presiden serta keluarga wakil presiden. Mantan presiden dan mantan wakil presiden yang sudah tidak menjabat pun masih dijaga oleh paspampres. Paspampres biasanya dibekali oleh senjata khusus demi menjaga keamanan presiden.

Paspampres Tarik Bupati Bengkulu Utara (Aceh Portal)