Beda dari yang Lain, Ini 4 Fakta tentang Alun-alun Surabaya

Alun-Alun Surabaya tak cuma kental dengan nilai sejarah, namun juga punya ruang bawah tanah lho.

Alun-alun umumnya adalah sebuah ruang terbuka hijau yang luas dan penuh dengan pepohonan yang rindang. Namun berbeda dengan Alun-Alun Surabaya. Enggak cuma kental dengan nilai sejarahnya, lokasi ini juga punya ruang bawah tanah lho. Penasaran seperti apa? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini fakta-faktanya.

1. Punya Ruang Bawah Tanah

Berbeda dengan alun-alun kota yang lain, alun-alun Surabaya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Surabaya ini memiliki ruang bawah tanah yang di desain seperti sebuah museum berisi foto-foto jadul. Di sini kamu bisa melihat banyak sekali potret yang mayoritas hitam-putih yang berisi tentang tempat-tempat di Surabaya pada zaman dahulu.

2. Bangunan Ikonik di Surabaya

Alun-Alun Surabaya (via Okezone)

Alun-alun Surabaya ini dulunya adalah Balai Pemuda yang biasanya digunakan banyak untuk pertunjukkan seni. Bahkan bangunan ini merupakan bangunan ikonik yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Jadi enggak heran kalau alun-alun Surabaya bernuansa estetik.

3. Punya Banyak Fasilitas

Alun-Alun Surabaya (via Jatim Network)

Di alun-alun Surabaya, kamu enggak hanya bisa menikmati museum bawah tanahnya, tapi kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas seperti tempat makan dan nongkrong, skateboard area, tempat perbelanjaan, hingga perpustakaan.

4. Destinasi Wisata Gratis

Alun-Alun Surabaya (via Media Kamu)

Meski alun-alun Surabaya merupakan salah satu destinasi sejarah yang instagramable banget, tapi wisata ini free. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja untuk kamu yang membawa kendaraan. Kamu bisa berswafoto sebanyak mungkin, karena lokasi ini didesain sangat modern, namun tidak meninggalkan kesan aslinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja fakta tentang alun-alun Surabaya. Bagi yang belum pernah ke sini, kamu wajib mampir deh. Dengan jangan lupa siapkan kostum paling cantik biar hasil fotomu menarik.

Alun-Alun Surabaya (via Pilar)