Enggak Cuma Good Looking, Ternyata Ini Lho Syarat Menjadi Pramugari

Nah, kalau kamu atau teman kamu bercita-cita ingin menjadi pramugari, coba deh cek dulu beberapa syarat umum ini. Biar kamu bisa mempersiapkannya sebaik mungkin.

Ketika naik pesawat, pramugari adalah orang pertama yang menyambut kamu dalam pesawat, sekaligus orang yang membantu kamu selama penerbangan. Meski terlihat cantik dan anggun, namun ternyata syarat menjadi pramugari itu enggak cuma good looking lho.

Nah, kalau kamu atau teman kamu bercita-cita ingin menjadi pramugari, coba deh cek dulu beberapa syarat umum ini. Biar kamu bisa mempersiapkannya sebaik mungkin. Yuk intip ulasannya!

1. Pendidikan Terakhir Minimal SMA/Sederajat

Persyaratan umum menjadi seorang pramugari yang pertama adalah pendidikan terakhir kamu minimal SMA/sederajat. Persyaratan tentang minimal pendidikan ini bertujuan agar kamu bisa mengikuti pelatihan pramugari untuk mendapatkan ilmu penerbangan.

2. Tinggi dan Berat Badan Ideal

Syarat Jadi Pramugari (via Sonora)

Menjadi pramugari tentu enggak boleh terlalu kurus atau terlalu gemuk.Jadi kamu harus memiliki tinggi sekitar 160 cm dan berat badan yang ideal. Namun standart ini di tiap maskapai berbeda ya. Tubuh yang proporsional ini dimaksudkan agar para pramugari kuat berdiri lama selama penerbangan.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Syarat Jadi Pramugari (via Highlight)

Kalau syarat yang satu ini tentu semua profesi mewajibkan ya, termasuk pramugari. Karena dengan jasmani yang prima dan rohani yang sehat, maka pramugari bisa maksimal menjalankan tugasnya.

4. Menguasai Bahasa Asing

Syarat Jadi Pramugari (via Liputan6)

Menjadi pramugari tentu kamu tidak hanya akan bertemu orang Indonesia saja, tapi kamu akan bertemu orang dari berbagai negara. Karena itu, kamu harus bisa menguasai bahasa asing, minimal bahasa inggris. Bahkan sejak perekrutan, interview yang dilakukan maskapai menggunakan bahasa inggris.

5. Memiliki Sertifikasi Sekolah Pramugari

Syarat Jadi Pramugari (via Okezone)

Terakhir kalau kamu mau jadi pramugari, kamu wajib mengikuti program pelatihan profesi pramugari. Jadi kamu akan mendapatkan sertifikat resmi yang dapat digunakan untuk melamar posisi pramugari di maskapai tertentu.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja syarat menjadi pramugari. Persiapkan dari sekarang, biar nanti kamu lolos seleksi. Selamat mencoba!

Syarat Jadi Pramugari (via Mployee)