Selalu Dihindari, Ternyata Ini Lho Manfaat Basa-Basi dengan Orang Lain!

Tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat basa-basi dengan orang lain? Kalau tidak percaya, coba simak ulasan berikut ini!

Kamu pasti pernah bertemu orang yang tiba-tiba menanyakan kabarmu padahal hubungan kalian tidak terlalu dekat. Sebenarnya mereka hanya sedang basa-basi. Beberapa orang menghindari kegiatan ini, padahal ada banyak manfaat basa-basi yang belum banyak diketahui.

Sebagian orang mungkin menganggap basa-basi adalah hal membosankan dan penuh dengan kepura-puraan. Karena orang yang basa-basi umumnya tidak benar-benar ingin tahu kabarmu. Mereka hanya bingung bagaimana memulai percakapan denganmu.

Dalam beberapa situasi, basa-basi bahkan akan membawa perubahan besar dalam kehidupan seseorang. Nah, kalau kamu termasuk orang yang belum tahu apa manfaat basa-basi untuk kehidupan sosial, coba deh cek daftarnya berikut ini.

1. Melatih Rasa Percaya Diri

Sebagian orang mungkin merasa gugup dan takut ketika bertemu dengan orang baru. Karena itu, dengan sering berbasa-basi maka kamu bisa sedikit melatih meningkatkan rasa percaya diri agar kamu tidak mudah grogi. Jika kamu sudah bisa mengendalikan rasa grogi dalam diri, pasti orang-orang akan lebih bersimpati padamu karena kamu terlihat begitu percaya diri.

2. Mencairkan Suasana

Manfaat Basa Basi (via VOI)

Berada di lingkungan baru yang sama sekali belum dikenal tentu akan lebih menegangkan. Karena itu, selain meningkatka rasa percaya diri, basa-basi ternyata juga bisa membantu mencairkan suasana yang menegangkan lho. Contohnya ketika kamu baru saja diterima sebagai karyawan baru, maka basa-basi perlu dilakukan agar suasana yang kamu hadapi tidak terasa kaku dan mencekam.

3. Memahami Kondisi Lawan Bicara

Manfaat Basa Basi (via WeCare)

Setiap orang tentu memiliki mood-nya masing-masing. Nah, untuk mengetahui kondisi lawan bicara kamu saat ini, maka kamu perlu melakukan basa-basi terlebih dahulu. Terlebih jika kamu ingin menyampaikan maksud tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan apakah kamu akan lanjut menyampaikan tujuan atau menundanya terlebih dahulu dan menunggu saat yang tepat.

4. Lebih Mudah Akrab

Manfaat Basa Basi (via IDN Times)

Manfaat terakhir basa-basi adalah akan membuatmu lebih mudah akrab dengan orang lain. Menanyakan kabar akan memberikan kesan yang baik tentang dirimu karena lawan bicara merasa kamu ramah dan merasa nyaman berada di dekatmu.

Dengan kamu membuka topik obrolan, maka lawan bicara akan merasa diperhatikan, meski mereka tahu topik obrolannya hanya sekedar basa-basi. Lain waktu, mereka pun takkan ragu untuk menyapa atau berbincang denganmu.

Nah, itu tadi beberapa manfaat basa-basi yang sering dianggap nggak penting dalam kehidupan sosial. Jadi jangan dihindari lagi ya. Karena tidak selamanya basa-basi itu membosankan. Siapa tahu malah hal ini membuatmu menemukan support system.

Manfaat Basa Basi (via Pikiran Rakyat)