Ragam Olahan Nasi Ala Indonesia yang Menggugah Selera, Kamu Suka yang Mana?

Indonesia memiliki beragam menu olahan nasi yang lezat dan menggugah selera. Makanan apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Indonesia dikenal cukup lihai membuat beragam olahan nasi yang rasanya menggugah selera. Alih-alih dimakan begitu saja, masyarakat kita mengenall berbagai resep tradisional yang membuat sumber karbohidrat ini semakin lezat dan menggugah selera.

Nasi sendiri merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Karenanya ada beragam olahan nasi yang dibuat masyarakat agar sajiannya tidak monoton. Bumbu bahan olahan nasi juga beragam, mulai dari santan hingga rempah-rempah yang pasti memanjakan lidah karena rasa gurih dan nikmat.

Dalam kehidupan sehari-hari pun pastinya kamu juga pernah menjajal setidaknya salah satu masakan berbahan dasar nasi. Supaya tidak semakin penasaran, mari jelajahi ragam olahan nasi yang populer karena kelezatannya berikut ini.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah hidangan klasik yang tak pernah lekang oleh waktu. Terdiri dari nasi putih yang digoreng dengan bumbu-bumbu seperti kecap, bawang, cabai, dan beberapa jenis lauk seperti ayam, udang, atau daging sapi.

Penyajiannya pun sangat beragam di Indonesia, tergantung daerah asa, bumbu, dan jenis topping. Rasanya yang gurih dan kadang sedikit pedas membuat nasi goreng menjadi pilihan favorit banyak orang, baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

2. Nasi Uduk

Olahan Ala Indonesia (via Kompas)

Nasi uduk merupakan olahan nasi yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah seperti serai, daun pandan, dan kayu manis. Biasanya disajikan dengan telur, ayam goreng, tahu, tempe, dan kerupuk. Aroma wangi dari nasi uduk akan memikat sejak pertama kali tercium. Hidangan ini sering dijadikan menu sarapan atau hidangan spesial di acara-acara tertentu.

3. Nasi Kuning

Olahan Ala Indonesia (via Masak Apa Hari Ini)

Nasi kuning adalah hidangan yang biasa disajikan pada acara-acara keagamaan atau perayaan tertentu seperti ulang tahun atau pernikahan. Nasi kuning dibuat dengan cara memasak nasi bersama dengan kunyit, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, telur dadar, sambal, dan kerupuk.

4. Nasi Liwet

Olahan Ala Indonesia (via Pinhome)

Nasi liwet adalah hidangan khas Jawa yang menggunakan beras pulen yang dimasak dengan santan, serai, daun salam, dan rempah-rempah lainnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam suwir, ikan asin, sayur labu siam, tahu, tempe, dan sambal. Kelezatan nasi liwet terletak pada cita rasanya yang kaya dan komposisi lauk yang melimpah.

Itulah beberapa ragam olahan nasi yang bisa ditemui di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri dalam mengolah nasi menjadi hidangan yang menggugah selera. Nikmati kelezatan masing-masing hidangan ini dan rasakan keanekaragaman kuliner Indonesia melalui olahan nasi yang lezat dan memanjakan lidah.

 

Olahan Ala Indonesia (via Pesona Ibun)