Nggak Usah Stres, Begini Lho Cara Menghadapi Pasangan Posesif

Bagaimana sih cara menghadapi pasangan posesif agar tidak malah menimbulkan masalah baru? Coba deh intip tips berikut ini!

Bagaimana sih cara menghadapi pasangan posesif agar tidak malah menimbulkan masalah baru? Adakah tips menjalani hubungan dengan baik-baik saja walaupun punya pasangan yang terlalu protektif dan terkesan mengekang?

Faktanya, memang tidak mudah menghadapi hubungan dengan orang yang cenderung posesif. Pasalnya, orang-orang macam ini selalu ingin mengendalikan pasangannya agar selalu sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Memang bagi sebagian orang, pasangan yang posesif mungkin menyenangkan, karena seakan-akan mereka memberikan perhatian lebih. Namun bagi sebagian lainnya, memiliki pasangan posesif adalah siksaan. Karena mereka merasa selalu diatur dan tidak bisa menjadi diri sendiri.

Lagipula, kalau keterlauan juga bisa bikin hubungan tidak nyaman kan? Tapi nggak perlu stres kalau ternyata pasangan kamu posesif. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk menghadapinya. Bagaimana? Simak ulasan berikut ini!

1. Coba Bicara Baik-baik

Menghadapi pasangan posesif sebaiknya tidak dengan cara emosional atau berkata kasar. Lebih baik komunikasikan baik-baik secara langsung. Katakan padanya bahwa kamu tidak nyaman dengan sikapnya selama ini.

Meski demikian, tetap yakinkan dia kalau kamu hanya tak nyaman dengan sikapnya, tapi kamu tetap mencintainya. Dengan begitu, dia tidak akan merasa diabaikan.

Cara Menghadapi Pasangan Posesif (via Sepositif)

2. Bersikap Terbuka

Cara lain untuk menghadapi pasangan posesif adalah dengan bersikap terbuka. Jangan sembunyikan sesuatu dari si Dia. Karena orang-orang posesif tidak suka jika pasangannya menyembunyikan sebuah kebenaran. Sebaiknya bersikap jujur, agar lama-kelamaan dia lebih percaya padamu dan akhirnya menurunkan tingkat keposesifannya.

Cara Menghadapi Pasangan Posesif (via Liputan6)

3. Tentukan Batasan

Selanjutnya kamu juga harus menentukan batasan yang jelas pada pasanganmu. Misalnya memberitahu hal-hal yang membuatmu tidak nyaman, seperti mengecek ponsel tanpa izin, melarang memakai pakaian tertentu, atau memberi kabar sepanjang waktu. Dengan menentukan batasan, maka pasangan kamu akan paham dan hubungan kalian akan minim pertengkaran. Lakukan dua arah ya, agar adil satu sama lain.

Cara Menghadapi Pasangan Posesif (via Sisternet)

4. Yakinkan si Dia

Sikap posesif biasanya muncul karena ada rasa takut kehilangan. Karena itu, dia mencoba mengendalikan semuanya untuk menutupi rasa takutnya tersebut. Nah, agar dia tidak bersikap posesif maka coba yakinkan si dia bahwa kamu benar-benar mencintainya. Jadi dia tidak perlu takut ditinggalkan.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghadapi pasangan posesif. Jadi nggak perlu stres lagi ya. Dia hanya mencintaimu sedikit berlebihan kok. Meski demikian, kamu tetap harus peka jika orang-orang posesif ini mulai berlebihan dan membuat hubungan jadi toksik.

Cara Menghadapi Pasangan Posesif (via Closeup)