Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Ternyata Gak Main-Main, Apa Aja?

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Ternyata Gak Main-Main, Apa Aja?

Entah kamu tertawa terbahak-bahak karena nonton acara TV atau karena baca komik, itu adalah cara terbaik melepaskan stres. Tertawa adalah bentuk penghilang stres yang hebat, dan itu bukan mitos!

Coba baca artikel ini sampai akhir untuk tahu apa saja manfaat tertawa baik untuk jangka pendek atau jangka panjang.

# Manfaat Jangka Pendek Tertawa

Tertawa yang baik memiliki efek jangka pendek yang hebat. Ketika kamu mulai tertawa, itu tidak hanya meringankan beban mental, tetapi juga menyebabkan perubahan fisik pada tubuh. Tertawa dapat:

1. Merangsang banyak organ. Tertawa meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, merangsang jantung, paru-paru, dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.

2. Tawa beramai-ramai dapat mendinginkan respons stres, dan itu dapat meningkatkan dan kemudian menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Hasil? Perasaan yang baik dan santai.

3. Mengurangi ketegangan. Tertawa juga dapat merangsang sirkulasi dan membantu relaksasi otot, yang keduanya dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik dari stres.

Seorang pria tertawa (idntimes.com)

# Manfaat Jangka Panjang Tertawa

Manfaat jangka panjang tertawa juga ternyata tak kalah hebatnya. Misalnya seperti:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pikiran negatif terwujud dalam reaksi kimia yang dapat memengaruhi tubuh dengan membawa lebih banyak stres ke dalam sistem dan menurunkan kekebalan.

Sebaliknya, pikiran positif sebenarnya dapat melepaskan neuropeptida yang membantu melawan stres dan penyakit yang berpotensi lebih serius.

2. Meringankan rasa sakit. Tertawa dapat meredakan rasa sakit dengan membuat tubuh memproduksi obat penghilang rasa sakit alaminya sendiri.

Meningkatkan kepuasan pribadi. Tertawa juga dapat mempermudah mengatasi situasi sulit. Hal ini juga membantumu terhubung dengan orang lain.

Tertawa saat nonton sesuatu (halodoc.com)

3. Meningkatkan suasana hatimu. Banyak orang mengalami depresi, terkadang karena penyakit kronis. Tertawa dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan serta dapat membuatmu merasa lebih bahagia. Tertawa bahkan bisa juga meningkatkan harga dirimu.

Nah, gimana ges? Baru tahu kan ternyata manfaat tertawa sehebat itu? Jadi, yuk banyak-banyakin tertawa!

Bayi bisa tersenyum dan tertawa sebanyak 300 kali per hari (popmama.com)