Bintang “Mulan” CoCo Lee Meninggal Dunia Pasca Percobaan Bunuh Diri, Hadapi Masa Berat Sebelum Kematian

Musisi asal Hong Kong CoCo Lee meninggal dunia di usia 48 tahun pasca diduga melakukan percobaan bunuh diri. Apa yang membuatnya melakukan tindakan nekat?

Musisi ternama CoCo Lee dikabarkan menghembuskan napas terakhir pada Rabu (5/7/2023), setelah koma selama beberapa hari. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh adiknya, Carol dan Nancy, dalam sebuah unggahan di media sosial. Artis asal Hong Kong ini berpulang pasca diduga melakukan percobaan bunuh diri pada Minggu (2/7/2023) lalu.

Pasca dugaan percobaan bunuh diri, perempuan yang pernah menjadi pengisi suara Mulan versi Mandarin ini sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun walaupun telah menjalani perawatan intensif, sang artis tidak tertolong. Dalam keterangan resminya, keluarga mengungkapkan bahwa mendiang memang sudah berjuang melawan depresi selama beberapa tahun terakhir, namun kondisinya tak juga membaik.

“Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan kabar paling menyedihkan: CoCo telah menderita depresi selama beberapa tahun tapi kondisinya memburuk drastis selama beberapa bulan terakhir,” demikian pembukaan pesan yang diunggah Nancy dan Carol.

“Walaupun CoCo mendapatkan bantuan profesional dan dia melakukan yang terbaik untuk melawan depresinya, sayangnya iblis dalam dirinya mengambil alih. Pada 2 Juni, dia mencoba bunuh diri di rumah dan dilarikan ke rumah sakit. Meski usaha terbaik dari tim medis untuk menyelamatkan dan merawatnya dari koma, dia akhirnya meninggal pada 5 Juli 2023,” lanjut pernyataan tersebut.

CoCo Lee (via People)

Diduga, penyebab depresinya adalah masalah pada kakinya. CoCo Lee diketahui lahir dengan kelainan di bagian kaki kirinya. Walaupun sempat menjalani operasi pada usia dua tahun, namun kondisinya tak membaik sehingga bagaimanapun dia tetap harus bergantung hanya pada kaki kanan.

Walaupun memiliki musikalitas yang luar biasa, yang dibuktikan dengan banyaknya prestasi, namun rasa frustasi CoCo Lee pada kondisi kakinya lebih mengkhawatirkan. Dia sudah berusaha bertahan, namun kondisinya memburuk pasca mengalami cedera pada Oktober 2022. Dia sempat menjalani operasi besar pada Februari 2023, dan mengaku semua berjalan lancar.

Sebelum meninggal, CoCo Lee juga mengungkapkan bahwa pemulihan pasca operasi itu cukup melelahkan karena membuatnya harus kembali belajar berjalan dan mengandalkan alat bantu. Namun saat itu dia terlihat optimis dan sama sekali tidak menunjukkan bahwa depresi sedang menyerangnya.

CoCo Lee (via IDN Times)

Tidak ada yang menyangka bahwa pada 2 Juli 2023, sebagaimana diungkapkan oleh keluarga, CoCo Lee akan melakukan aksi percobaan bunuh diri. Pada akhirnya, perawatan medis yang dilakukan tak berhasil menyelamatkan jiwanya.

Kabar kematiannya ini pun menjadi duka luar biasa bagi banyak pihak, baik keluarga, fans, dan kolega. Pasca CoCo Lee meninggal dunia, pihak keluarga memohon publik memberikan privasi dan waktu untuk berduka, terutama untuk ibu mereka yang kini sudah lanjut usia.


CoCo Lee (via KapanLagi)