Jangan Berlarut-Larut, Begini Tips Move On dari Rasa Kecewa

Kamu harus tahu tips move on dari rasa kecewa agar tetap semangat menjalani hidup walau seberat apapun masalah menghadang. Yuk simak!

Mengalami kekecewaan dalam hidup adalah hal wajar yang dialami setiap orang. Meski wajar bukan berarti kamu berlarut-larut dalam rasa kecewa yang berkepanjangan. Kamu harus tahu tips move on dari rasa kecewa agar tetap semangat menjalani hidup.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa tidak mudah untuk menyingkirkan rasa kecewa untuk menjalani lembaran hidup baru. Namun ingatlah bahwa hidupmu terlalu berharga untuk terus berkubang dalam kekecewaan. Nah, agar rasa kecewamu tidak bersarang terlalu dalam dada, coba beberapa tips berikut ini deh! Yuk simak!

1. Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Di balik rasa kecewa, mungkin kamu juga menyimpa rasa menyesal pada dirimu sendiri karena telah membuat langkah yang keliru. Merasa bersalah memang perlu karena bisa jadi bahan untuk introspeksi diri dan melangkah lebih baik.

Meski demikian, lakukanlah dengan wajar. Pasalnya, terus menyalahkan diri sendiri hanya akan memperparah rasa kecewa. Ingatlah bawah tidak ada manusia yang sempurna. Dan menyalahkan diri sendiri bukanlah sikap yang bijak. Maafkan diri dan ambil pelajaran dari pengalaman yang telah lalu. Dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi.

2. Lihat Dari Sisi Positif

Tips Move On dari Rasa Kecewa (via Tokopedia)

Kamu pasti setuju kalau segala sesuatu di dunia memiliki dua sisi yang berbeda, yakni baik dan buruk. Termasuk pengalaman yang kamu alami pasti juga memilikinya. Karena itu, daripada berkutat pada rasa kecewa, lebih baik lihat dari sisi positifnya. Jika ada seseorang yang membuatmu kecewa, sisi positifnya kamu tahu bahwa dia bukanlah orang yang tepat untukmu.

3. Jangan Balas Dendam

Tips Move On dari Rasa Kecewa (via Tribun Jogja)

Tidak sedikit orang yang merasa bahwa rasa kecewanya akan sembuh setelah membalas orang tersebut dengan perbuatan yang sama. Tentu saja itu salah besar. Membalas dendam mungkin akan memberimu kepuasaan sesaat, tapi hanya akan membuat lukamu menjadi lebih dalam. Sebaiknya maafkan mereka dan ikhlaskan. Karena semua akan mendapat balasannya sendiri dari Tuhan.

4. Menerima Keadaan

Tips Move On dari Rasa Kecewa (via Victory News)

Tidak banyak orang yang bisa menerima takdir hidupnya yang buruk. Tapi untuk move on dari rasa kecewa, kamu harus menerima baik dan buruk kehidupan yang kamu jalani. Yakinlah bahwa semua akan berlalu seiring dengan berjalannya waktu. Jangan terlalu membebani pikiranmu, karena itu hanya akan membuatmu depresi dan tidak mampu memaafkan diri sendiri.

Nah, itu tadi beberapa tips move on dari rasa kecewa. Walaupun tidak selalu mudah, namun kamu cukup mengingat bahwa kehidupanmu sangat berharga dan tak ada waktu untuk menyiakan-nyiakannya. Apapun masalahmu, jangan disimpan ya! Kamu berhak kok menjalani hidup yang lebih baik lagi.

 

Tips Move On dari Rasa Kecewa (via github)