Lakukan Beberapa Sikap Ini untuk Menghargai Suami, Agar Pernikahan Tetap Sehat

Sikap menghargai suami yang istri patut lakukan agar pernikahan tetap sehat dan terhindar dari segala masalah.

Dalam sebuah pernikahan yang bahagia, istri harus bisa menghargai suami atas peran yang telah dilakukannya, begitu pula sebaliknya. Namun, terkadang suami yang lebih banyak berada di luar rumah merasa diabaikan atau kurang dihargai karena tidak melakukan peran domestik sebanyak yang istri lakukan. Jika tak diatasi, hal ini bisa berimbas pada renggangnya hubungan pernikahan.

Pada dasarnya, masing-masing memang harus bisa memahami dan memperlakukan pasangan dengan baik agar rumah tangga tetap langgeng. Jika kamu berada di posisi istri, berikut ini adalah cara menunjukkan sikap menghargai suami dengan jelas dan tulus:

1. Mendengarkan dengan Sepenuh Hati

Salah satu sikap yang dapat membuat suami merasa dihargai adalah ketika istri mendengarkan dengan sepenuh hati apa yang dikatakan suami. Dengan memberikan perhatian penuh saat suami berbicara, istri menunjukkan bahwa apa yang disampaikan suami penting dan berarti baginya. Hindari gangguan seperti ponsel atau televisi saat berbicara dengan suami, dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar memperhatikan apa yang dia katakan.

Menghargai Suami (via Parenting)

2. Memberikan Pujian dan Apresiasi

Suami juga menginginkan pengakuan dan apresiasi dari istri mereka. Luangkan waktu untuk memuji suami atas pencapaiannya, baik dalam karier maupun dalam peran domestik  sebagai suami dan ayah.

Berikan pujian tulus ketika suami melakukan sesuatu yang baik atau berusaha keras dalam menghadapi tantangan. Hal sederhana seperti mengatakan "Terima kasih" atau "Kamu luar biasa" dapat memiliki dampak yang besar bagi suami.

Menghargai Suami (via Golife)

3. Menghargai Peran dan Kontribusinya

Setiap suami memiliki peran dan kontribusi penting dalam rumah tangga. Menghargai peran suami sebagai pendukung keluarga atau sebagai ayah adalah sikap yang sangat penting. Jangan menganggap remeh pekerjaan atau tanggung jawabnya, dan sampaikan rasa terima kasih atas kontribusinya. Ketika suami merasa dihargai atas peran dan kontribusinya, ia akan merasa lebih termotivasi dan dihargai dalam pernikahan.

Menghargai Suami (via Lifestyle Okezone)

4. Menunjukkan Perhatian Fisik

Kontak fisik seperti pelukan, ciuman, atau sentuhan lembut adalah cara lain untuk mengekspresikan rasa penghargaan dan cinta kepada suami. Jangan menganggap sepele pentingnya kontak fisik dalam pernikahan. Sentuhan-sentuhan kecil tersebut dapat memberikan kehangatan emosional dan memperkuat ikatan antara suami dan istri.

Menghargai suami adalah sikap yang penting dalam membangun hubungan pernikahan yang bahagia dan sehat. Selain mengungkapkan melalui sikap-sikap di atas, kamu juga perlu menciptakan lingkungan harmonis di dalam keluarga yang saling mendukung dan penuh kasih sayang. Meski demikian, perlu diingat bahwa sikap menghargai pasangan bukan hanya kewajiban istri saja, namun juga suami.

Menghargai Suami (via Tribun Pos Kupang)