Daftar Stasiun Kereta Api Tertua di India, Usianya Sudah Ratusan Tahun Lho!

Ada stasiun kereta api tertua di India yang meski usianya sudah mencapai ratusan tahun, namun masih bisa digunakan hingga saat ini. Yuk simak daftarnya!

Ketika menjumpai tempat bersejarah dengan usia yang cukup tua, tentu sudah biasa. Kali ini, ada stasiun kereta api tertua di India yang meski usianya sudah mencapai ratusan tahun, namun masih bisa digunakan hingga saat ini.

Seperti yang diketahui, kereta api adalah salah satu transportasi yang banyak dipilih karena kenyamanannya. Karena itu tidak heran, kalau beberapa stasiun kereta api tertua di India ini masih berfungsi, bahkan memiliki peran penting pada jam-jam sibuk. Kalau kamu penasaran, berikut ini daftarnya.

1. Howrah Junction

Stasiun kereta api tertua di India yang pertama adalah Howrah Junction. Stasiun ini sudah mulai beroperasi pada tahun 1854. Dengan jumlah 23 peron dan melayani lebih dari satu juta penumpang setiap hari, stasiun ini ternyata menjadi stasiun tersebut di seluruh dunia. Dan di India, stasiun ini merupakan salah satu stasiun yang penting.

2. Chhatrapati Shivaji Maharaj Terminus

Stasiun Kereta Api Tertua di India (via Railway Traveller)

Selain Howrah Junction, stasiun tertua di India lainnya adalah Chhatrapati Shivaji Maharaj Terminus. Stasiun kereta api tersibuk di Mumbai sudah mulai beroperasi sejak tahun 1853 dan mengalami perubahan pada tahun 1888.

Meski hanya sebuah stasiun kereta, namun siapa sangka kalau stasiun yang menonjol dengan arsitektur gotiknya yang megah ini, terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 2004. Lokasi ini juga menjadi salah satu ikon arsitektur Victoria Gothic yang indah dan menjadi pusat transportasi penting di India.

3. Lucknow Charbagh

Stasiun Kereta Api Tertua di India (via Mumbai Tourism)

Terakhir ada stasiun kereta api Lucknow Charbagh yang sudah dibangun pada tahun 1914, walaupun sumber lain juga menyebutkan bahwa fasilitas ini sudah ada sejak 1867. Stasiun ini memiliki arsitektur yang sangat memukau, yakni perpaduan antara Rajasthan dan Mughal yang menghadap ke taman berwarna-wanti.

Stasiun ini memiliki sejarah tersendiri. Sebab pada tahun 1916, Jawaharlal Nehru pernah bertemu dengan Mahatma Gandhi untuk pertama kalinya di sini. Di wilayah India Utara, stasiun kereta api ini merupakan yang tersibuk dengan jumlah 9 peron.

4. Stasiun Chennai Central

Stasiun Kereta Api Tertua di India (via Wikipedia)

Stasiun Chennai Central, juga dikenal sebagai Madras Central, adalah salah satu stasiun kereta api paling penting dan terbesar di Chennai, Tamil Nadu, India. Stasiun yang dibuka pada tanggal 11 Agustus 1873 ini memiliki sejarah panjang dan dianggap sebagai salah satu stasiun tertua di India. Chennai Central memiliki arsitektur yang menggabungkan gaya Inggris, Gotik, dan kontemporer.

Nah, itu tadi beberapa stasiun kereta api tertua di India yang usianya capai ratusan tahun. Benar-benar kokoh ya bangunannya sehingga bisa bertahan hingga waktu lama? Apakah ada di antara lokasi di atas yang sudah pernah kamu kunjungi?

 

Stasiun Kereta Api Tertua di India (via iStock)