Kenali Beragam Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat

Beragam bahan alami untuk menurunkan asam urat ini bisa kamu konsumsi agar tidak terlalu tergantung dengan obat kimia. Apa saja?

Adakah bahan alami untuk menurunkan asam urat? Mengingat obat-obatan tidak selalu aman, penggunaan obat herbal sering menjadi pilihan untuk mengatasi atau setidaknya meredakan gejalanya.

Asam urat sendiri adalah kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Selain perubahan gaya hidup dan diet sehat, ada beberapa cara menurunkan asam urat yang bisa dikonsumsi agar tidak terlalu tergantung dengan obat kimia.

Bahan alami atau herbal ini memiliki sifat antiinflamasi dan diuretik alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pengeluaran asam urat. Jika kamu mengalami gejala asam urat, cobalah bahan alami berikut ini untuk mengatasinya.

1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto atau Andrographis paniculata adalah tanaman herbal yang memiliki sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi. Senyawa andrographolide yang terkandung dalam daun sambiloto dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri yang terkait dengan asam urat.

2. Jinten Hitam

Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat (via Halodoc)

Jinten hitam atau Nigella sativa telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk asam urat. Jinten hitam mengandung senyawa thymoquinone yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Konsumsi jinten hitam dalam bentuk biji yang ditambahkan ke makanan atau minuman dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala asam urat.

3. Daun Salam

Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat (via Lifestyle Okezone)

Daun salam sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan tradisional. Selain memberikan aroma dan rasa pada makanan, daun salam juga memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan akibat asam urat. Kamu membuat teh daun salam dengan merebus beberapa lembar daun dalam air.

4. Cuka Sari Apel

Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat (via Hello Sehat)

Cuka sari apel telah lama digunakan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk asam urat. Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan kristal asam urat dan memfasilitasi pengeluarannya dari tubuh. Campurkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat dan konsumsi dua kali sehari sebelum makan.

Itu tadi beberapa bahan alami untuk menurunkan asam urat yang bisa kamu konsumsi. Penggunaan herbal untuk asam urat dapat membantu mengatasi gejala asam urat yang muncul.

Mengonsumsi bahan alami dengan konsisten bersama dengan perubahan gaya hidup yang sehat, dapat membantu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menurunkan kadar asam urat secara alami. Namun perlu diingat, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu.

Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat (via Astronauts)