Beri Batasan! Begini Tips Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan

Bagaimana sih tips memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan agar tidak bikin pusing maupun menciptakan masalah? Simak ulasan berikut ini!

Bagaimana sih tips memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan agar tidak bikin pusing maupun menciptakan masalah? Sebagaimana kita tahu, banyak orang yang mengalami kesulitan karena tak mampu memberikan batasan antara profesional dan pribadi sehingga apapun yang dikerjakan malah berantakan.

Terlalu sibuk dengan pekerjaan terkadang bisa mempengaruhi kehidupan pribadi seseorang. Padahal seseorang harus tahu bagaimana tips memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan agar dia tetap memiliki quality time bersama keluarga. Dengan begitu, kehidupannya menjadi lebih seimbang.

Kalau kamu salah satu orang yang masih suka membawa pekerjaan kantor ke rumah karena menurutmu waktu di kantor tidaklah cukup untuk menyelesaikannya. Kamu wajib baca tips berikut ini agar kamu bisa lebih enjoy menikmati hidup.

1. Buat Jadwal

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memisahkan urusan pekerjaan dan pribadi adalah dengan membuat jadwal dan mematuhinya. Jadwal ini nantinya akan membantu kamu mengetahui kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan besok. Dengan begitu, kegiatanmu akan lebih terencana dan terarah.

2. Tetapkan Batasan

Cara Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan (via Detik)

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah menetapkan batasan. Paksa dirimu agar tidak membawa pekerjaan kantor ke dalam rumah. Lakukan pekerjaan hanya di kantor, dan saat pulang fokuslah dengan apa yang ada di rumah. Dengan begitu, kamu dapat fokus mengerjakan tugas-tugasmu tanpa terganggu urusan pribadi.

3. Gunakan Waktu dengan Bijak

Cara Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan (via VOI)

Terkadang seseorang tanpa sadar menggunakan waktu mereka degan tidak bijak, sehingga menimbulka stres. Misalnya mereka menggunakan waktu libur untuk lembur atau menggunakan waktu senggang untuk bekerja.

Mungkin kamu akan terlihat seperti pekerja keras. Namun sayangnya, hal tersebut bisa mengacaukan waktu yang kau punya, dan membuat produktivitas menurun karena kelelahan. Jadi sebaiknya, bijaklah dalam menggunakan waktu, agar urusan pribadi pekerjaanmu tidak campur aduk.

4. Gunakan Ponsel yang Berbeda

Cara Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan (via MMC Kalteng)

Cara terakhir agar kamu bisa memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan adalah dengan cara menggunakan ponsel yang berbeda. Setidaknya, sediakan dua ponsel yang digunakan untuk urusan berbeda. Satu ponsel untuk urusan pekerjaan dan satu lagi untuk urusan pribadi.

Dengan begitu, saat libur bekerja, kamu bisa menon-aktifkan ponsel khusus kerjaan, agar quality time bersama keluarga tidak terganggu dengan urusan lain. Ingatlah bahwa kamu dan keluarga juga perlu waktu khusus yang tak bisa diganggu gugat.

Nah, itu tadi beberapa tips memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kehidupanmu akan lebih seimbang dan kamu juga tidak akan mudah stres kan?

Cara Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan (via Uswitch)