3 Fakta Menarik Beruang Coklat Himalaya, Sudah Tahu Belum?

Ada sejumlah fakta menarik beruang coklat Himalaya yang disebut bisa berhibernasi hingga 8 bulan lamanya. Yuk simak ulasannya!

Semua pasti tahu tentang keindahan pegunungan Himalaya yang tinggi menjulang. Namun selain gunung, ada juga sejumlah fakta menarik beruang coklat Himalaya yang disebut bisa berhibernasi hingga 8 bulan lamanya. Wah, lama sekali ya!

Sebagai informasi, beruang dengan nama nama Latin Ursus arctos isabellinus ini merupakan spesies beruang coklat yang habitatnya di pegunungan terpencil di Pakistan, Nepal, Tibet, dan India. Karena kecilnya populasi tersebut, maka hewan ini termasuk satwa langka. Mau tahu lebih jauh, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Mamalia Terbesar di Himalaya

Fakta menarik pertama tentang beruang coklat Himalaya adalah salah satu mamalia terbesar di habitatnya. Karena beruang coklat Himalaya masih satu keturunan dengan spesies beruang coklat, maka spesies ini termasuk yang tersebar luas dari semua spesies beruang.

Perlu diketahui bahwa beruang coklat Himalaya memiliki berat badan mencapai 400 kg untuk beruang jantan, dengan tinggi sekitar 150 cm hingga 230 cm. Sedangkan beruang betina dewasa, hanya memiliki berat sekitar 93-207 kg dengan tinggi kurang lebih 137 cm hingga 183 cm.

Beruang Coklat Himalaya (via Kumparan)

2. Bisa Hidup 20-30 Tahun di Alam Liar

Hewan dengan habitat asli di lembah terbuka dan padang rumput dataran tinggi disebut memiliki harapan hidup hanya 20-30 tahun di alam liar. Beruang Coklat Himalaya umumnya bersifat soliter dan cenderung aktif pada malam hari. Mereka memiliki kemampuan berenang yang baik dan juga pandai memanjat pohon.

Saat musim panas, beruang coklat Himalaya akan naik setinggi garis salju atau sampai ketinggian 5.500 mdpl. Namun saat musim dingin, beruang ini akan turun ke lembah untu berhibernasi untuk menghemat energi dengan kurun waktu sekitar 7 sampai 8 bulan, pada Oktober hingga April atau Mei.

Beruang Coklat Himalaya sendiri adalah jenis hewan omnivora, yang berarti mereka memakan berbagai jenis makanan. Makanan mereka terdiri dari tumbuhan seperti akar, rumput, buah-buahan, dan biji-bijian, serta hewan kecil seperti serangga, mamalia kecil, dan telur burung.

Beruang Coklat Himalaya (via Okezone)

3. Keberadaannya Terancam Punah

Meski termasuk spesies yang tersebar luas dari semua spesies beruang, namun beruang ini disebut sudah punah di beberapa wilayah yang pernah didiami sebelumnya. Ancaman kepunahan ini terjadi akibat hilangnya habitat dan karena pembunuhan oleh manusia untuk diambil bulunya. Hingga saat ini, beruang coklat Himalaya hanya ada sekitar 500 hingga 700 ekor di kawasan Hindu Kush, Karakoram, dan Himalaya Barat.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik beruang cokelat Himalaya yang disebut terancam punah.  Karenanya, penting untuk menjaga dan melindungi spesies beruang coklat Himalaya serta habitat alaminya agar mereka dapat terus bertahan di alam bebas.

Beruang Coklat Himalaya (via Detik)