KEREN! Korea Selatan Gunakan Cara Ini untuk Cegah Warganya Bunuh Diri di Sungai Han

KEREN! Korea Selatan Gunakan Cara Ini untuk Cegah Warganya Bunuh Diri di Sungai Han

Perkembangan teknologi memang banyak membantu hidup manusia. Salah satu teknologi yang belakangan sedang gencar diproduksi dan digunakan adalah teknologi AI atau Artificial Intelligent. 

Baru-baru ini, Seoul menggunakan teknologi berbasis AI sebagai cara baru untuk mencegah bunuh diri.

Buat kalian yang belum tahu. Di Seoul terdapat jembatan besar di sepanjang Sungai Han yang dikenal sebagai hotspot bunuh diri. Setiap tahunnya, ada sekitar 500 orang mencoba bunuh diri.

# Teknologi AI Pencegah Bunuh Diri

Mendapati realitas bahwa warganya kerap ingin melakukan bunuh diri. Pemerintah Seoul kemudian membangun sistem baru yang melibatkan jaringan kamera video yang diprogram untuk mendeteksi perilaku khas mereka yang mungkin mempertimbangkan upaya bunuh diri.

Melalui pembelajaran mesin, kamera ini membidik orang yang terlalu lama berada di jembatan sambil menguatkan temuan mereka, rekaman pengawasan lainnya dari area tersebut. Sistem kemudian akan mengirim sinyal ke tim penyelamat yang ditempatkan di dekat jembatan. 

Hal ini dilakukan agar petugas operator memiliki langkah awal untuk mengerahkan perahu dan personel penyelamat dengan cepat, baik untuk mencoba menghentikan upaya bunuh diri yang terjadi atau untuk menyelamatkan orang tersebut.

Alat pendeteksi bunuh diri menempel di jembatan sungai Han (news.detik.com)

Teknologi ini dikembangkan selama satu setengah tahun terakhir oleh Kantor Pusat Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul, bekerja sama dengan Institut Teknologi Seoul.

"Hal terpenting dalam menyelamatkan orang yang mencoba bunuh diri adalah mereka harus dihentikan sebelum mereka masuk ke dalam air. Setelah itu terjadi, tingkat kelangsungan hidup turun di bawah 50%," juru bicara dari Seoul Metropolitan Fire and Disaster Markas mengatakan kepada Korea Times.

“Kami memantau 572 kamera CCTV di pusat kendali, sehingga tidak mudah bagi segelintir pekerja untuk menangkap semuanya. Tapi sekarang sistem AI memilih rekaman seseorang yang menunjukkan perilaku mencurigakan dan membunyikan alarm sehingga tim penyelamat dapat merespons lebih cepat," dia melanjutkan.

Salah satu hotspot bunuh diri di Seoul Korea (news.detik.com)

Situs berita lokal Korea Bizwire melaporkan bahwa kamera terhubung ke pusat kendali yang dikelola oleh pejabat sepanjang waktu.

Jembatan Sungai Han (ggwp.id)

# Apa Saja yang Dideteksi oleh Teknologi AI Pencegah Bunuh Diri Ini?

The Korea Times mencatat bahwa dari 28 jembatan yang melapisi Sungai Han, yang dikenal sebagai hotspot untuk upaya bunuh diri telah dipasangi alat sensor tekanan di Jembatan Mapo yang mendeteksi seseorang mencengkeram pagar pembatas lebih keras dari biasanya. Juga sensor di Jembatan Seogang yang memperingatkan penyelamat akan mayat yang jatuh di bawahnya.

Selain itu, pagar pengaman setinggi 8 kaki dengan pagar pembatas juga telah dipasang di Jembatan Mapo untuk mempersulit orang untuk melompati sisinya.

Korea Selatan secara konsisten mencatat angka bunuh diri tertinggi di antara negara-negara maju; pada tahun 2020, negara ini mencatat 25,7 kasus bunuh diri per 100.000 orang. Bunuh diri adalah penyebab utama kematian di kalangan anak muda di negara itu, dan telah terjadi sejak 2007.

Huhuhu, semoga pelaku bunuh diri di mana pun berada semakin lama semakin berkurang ya.