Jangan Bertahan, Ini Dia 5 Cara Keluar dari Pertemanan Toxic

Berada dalam circle pertemanan yang buruk memang tidak ada untungnya, lantas bagaimana cara keluar dari pertemanan toxic tersebut?

Berada dalam toxic circle dengan toxic friendship di dalamnya tentunya akan membawa pengaruh buruk bagi diri sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari untuk masuk ke dalam lingkaran pertemanan seperti itu. Namun apabila kamu sudah terlanjur masuk ke dalamnya, maka kamu wajib mengetahui bagaimana cara keluar dari pertemanan toxic tersebut.

Memiliki teman yang tidak mendukung, selalu menyalahkan bahkan merendahkan akan membuat mental lemah dan menghancurkan rasa percaya diri. Karena itu, tidak seorang pun harus bertahan di dalam lingkungan yang toxic. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur berada dalam toxic friendship? Berikut cara untuk keluar dari pertemanan yang toxic.

1. Komunikasikan Masalah

Keluar dari toxic friendship memang tidak mudah, namun perlu diusahakan. Sebelum memutuskan untuk menghindar, sebaiknya sampaikan apa masalah yang membuatmu tidak nyaman dalam lingkaran pertemananmu. Katakan segalanya sejelas mungkin sehingga mereka tidak berasumsi yang salah tentangmu. Lebih baik bicara terus terang daripada membicarakan teman-temanmu di belakang.

2. Mulai Membatasi Diri

Cara Keluar dari Pertemanan Toxic (via Blk Girl Culture)

Setelah menyampaikan masalah dan ternyata lingkungan pertemananmu masih saja tidak berubah, maka tegaslah memberi batasan. Hal ini untuk menguatkan bahwa tindakan dan perilaku lingkungan pertemananmu tidak dapat diterima. Jangan mau terlibat dalam pembahasan atau pertemuan yang dapat membuatmu lelah secara fisik dan mental.

3. Menjauh Secara Perlahan

Cara Keluar dari Pertemanan Toxic (via Kompas)

Setelah membatasi diri, kamu bisa mengambil langkah selanjutnya yaitu menjauh dari toxic friendship perlahan-lahan. Mulai dari mengabaikan pesan baik secara pribadi maupun grup. Hingga akhirnya kamu dapat benar-benar memberi jarak antara dirimu dengan lingkungan pertemanan yang tidak baik tersebut.

4. Unfriend di Media Sosial

Cara Keluar dari Pertemanan Toxic (via IDN Times)

Agar proses menjauh dari toxic friendship berjalan mulus, kamu bisa untuk tidak berteman lagi dengan temanmu yang toxic di media sosial. Eits, tap I unfriend atau unfollow di media sosial mungin terdengar ekstrim dan kasar, bukan?

Tenang, kamu memang tidak terlalu perlu melakukannya jika tidak terpaksa, misalnya karena dia telah melakukan invasi fatal pada kehidupanmu. Jika sikao toksik temanmu sudah tidak bisa ditoleransi, mengakhiri pertemanan di dunia maya akan membuatmu tidak perlu tahu apa yang sedang mereka lakukan, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, cara ini juga efektif untuk membuatmu tidak lagi berpikir tentang teman-temanmu. Seringnya, mengetahui informasi mengenai orang lain yang tidak dibutuhkan akan menimbulkan perasaan tidak suka, iri atau gosip yang tidak diperlukan.

5. Jangan Terburu-buru

Cara Keluar dari Pertemanan Toxic (via Rencanamu)

Setelah mengambil jeda beberapa saat, jangan terburu-buru kembali ke lingkungan pertemananmu hanya untuk mengetahui apakah sikap mereka telah berubah. Ambil waktu sebanyak yang kamu perlukan untuk mempertimbangkan baik-baik keputusan ini. Jika temanmu telah benar-benar tulus berubah, kamu bisa memikirkan untuk berteman kembali dengan mereka namun dengan tetap menjaga jarak.

6. Cari Bantuan

Cara Keluar dari Pertemanan Toxic (via Young On Top)

Temukan lingkungan sosial yang positif dan mendukung di luar pertemanan toxic. Bergaul dengan orang-orang yang membangun, memberi energi positif, dan saling mendukung dapat membantumu dalam proses pemulihan. Buka diri untuk menjalin hubungan baru yang lebih sehat.

Jika kamu merasa sangat terbebani atau kesulitan mengatasi pertemanan toxic, pertimbangkan untuk mencari dukungan dari seorang konselor atau terapis. Mereka dapat membantumu menjelaskan perasaan, menawarkan perspektif yang objektif, dan memberikan strategi untuk mengatasi situasi ini.

Itulah beberapa cara keluar dari pertemanan toxic. Memiliki lingkungan pertemanan yang tidak baik akan menghambatmu untuk melangkah menjadi seseorang yang lebih hebat dan lebih kuat. Karena itu, jika kamu menyadari berada dalam lingkungan pertemanan yang buruk, maka segera hindari. Semoga bermanfaat.

Cara Keluar dari Pertemanan Toxic (via Tribun)