Tetap Tenang di Segala Situasi, Begini Cara Agar Tidak Mudah Panik

Kamu wajib tahu bagaimana cara agar tidak mudah panik, dan bisa lebih tenang saat menghadapi suatu masalah. Yuk intip ulasannya!

Beberapa orang mungkin pernah merasakan kepanikan dalam berbagai situasi. Kalau kamu salah satunya, kamu wajib tahu bagaimana cara agar tidak mudah panik, dan bisa lebih tenang saat menghadapi suatu masalah.

Perlu diketahui bahwa rasa panik biasanya muncul saat seseorang berada dalam situasi yang terhimpit, seperti kehilangan barang yang dianggap penting atau ketinggalan rombong. Hal ini sebenarnya wajar, namun jika tidak segera diredam maka bisa memperkeruh suasana.

Meski demikian, mengatasi kecenderungan untuk mudah panik membutuhkan latihan dan kesadaran diri yang kontinu. Nah, kalau kamu salah satu orang yang mudah panik. Coba beberapa cara berikut ini agar kamu tidak mudah panik saat dalam situasi terhimpit.

1. Yakin Kamu Bisa Menghadapinya

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika dihadapkan dalam suatu masalah adalah merasa yakin bahwa kamu bisa menghadapi masalah tersebut. Panik bukanlah jalan keluar dan hanya membuatmu tidak bisa berpikir jernih. Jadi lebih baik, teguhkan keyakinan dalam hati dan mulai berpikir jernih untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Cara Agar Tidak Mudah Panik (via Medione)

Saat menghadapi suatu masalah, hal yang perlu kamu ingat adalah setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Dengan meyakini hal tersebut, maka kamu bisa lebih tenang dan lebih percaya diri saat mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Tuhan Maha Penolong

Cara Agar Tidak Mudah Panik (via Ilovelife)

Ketika mulai merasa panik, pikiran-pikiran negatif sering kali muncul dan memperkuat kecemasan. Usahakan untuk mengenali pikiran-pikiran tersebut dan mencoba menggantinya dengan pikiran yang lebih realistis dan positif. Misalnya, menggantikan pikiran "Aku tidak bisa mengatasinya" dengan "Aku telah menghadapi tantangan sebelumnya dan berhasil melewatinya."

Selain meyakini setelah kesulitan pasti ada kemudahan, hal lain yang perlu kamu pegang teguh adalah Tuhan Maha Penolong. Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan dan kapasitas hambanya. Karena itu, saat terhimpit pertolongan Tuhan pasti datang, enta dari mana dan dari siapa.

4. Ingat Kamu Pernah Panik Sebelumnya

Cara Agar Tidak Mudah Panik (via Detikcom)

Saat mengalami situasi yang menghimpit, ingat bahwa kamu sebelumnya juga pernah panik, namun kamu tetap bisa melewati masalah tersebut. Maka dari itu, kamu pasti juga bisa melewati masalah yang kamu hadapi saat ini. Tetap tenang dan fokus mencari jalan keluar.

Pelajari tanda-tanda fisik dan emosional yang muncul ketika mulai merasa panik. Misalnya, detak jantung yang cepat, pernapasan yang dangkal, pikiran yang kacau, atau rasa cemas yang meningkat. Dengan mengenali tanda-tanda ini, kamu dapat lebih siap menghadapinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara agar tidak mudah panik saat situasi sedang tidak baik. Jadi tetap tenang ya. Karena pikiran jernih hanya bisa muncul dengan hati yang tenang. Yuk dicoba!

Cara Agar Tidak Mudah Panik (via Halodoc)