Jangan Emosi, Begini Cara Menghadapi Teman yang Gampang Baper

Kamu harus tahu bagaimana cara menghadapi teman yang gampang baper, jangan sampai kamu terpancing emosi agar hubungan pertemananmu tetap terjalin aman.

Ketika berteman, tentu kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai sifat, salah satunya baperan. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghadapi teman yang gampang baper, jangan sampai kamu terpancing emosi agar hubungan pertemananmu tetap terjalin aman.

Memiliki teman yang baperan memang sedikit menyebalkan, karena apapun yang dilakukan akan diambil hati. Jika kamu tidak sabaran, maka kamu dan temanmu bisa saja terlibat dalam perselisihan. Nah, biar hubungan pertemananmu tetap langgeng, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu tiru untuk menghadapi teman baperan. Apa saja?

1. Jangan Kritik Dia di Depan Umum

Memberi kritik yang membangun memang penting, apalagi untuk teman. Tapi jangan dilakukan di depan umum ya. Sebab mengkritiknya di depan umum sama saja menyinggung perasaannya dan bisa membuatnya malu.

Jika kamu tidak suka dengan sikapnya, lebih baik pilih waktu yang tepat untuk bicara berdua dengannya. Terkadang mengalah sedikit demi teman agar tidak memperuh suasana juga diperlukan.

Cara Menghadapi Teman yang Gampang Baper (via Pejuang Kantoran)

2. Jangan Menyalahkannya

Baperan sebenarnya adalah sifat yang normal. Ketika kamu mendapati teman yang gampang baper, kamu jangan terbawa emosi. Bersikaplah lebih bijak, agar tidak menyinggung perasaannya. Atau cukup diam saja agar tidak memperkeruh suasana. Beri dia waktu untuk menenangkan diri. Jika sudah, coba tanya kabarnya. Hal ini akan membuat dia bahagia karena merasa diperhatikan.

Cara Menghadapi Teman yang Gampang Baper (via IDN Times)

3. Jagalah Ucapanmu

Berteman dengan orang baperan memang nggak mudah, karena setiap yang kamu katakan mungkin bisa membuatnya terbawa perasaan. Karena itu, sebaiknya jaga ucapan. Jangan sampai kata-kata yang kamu ucapkan menyinggung perasaannya. Meski sebenarnya kamu tidak bermaksud demikian, namun tidak ada salahnya kan menjaga perkataan.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghadapi teman yang gampang baper. Jadi jangan emosi lagi ya. Karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga kita juga harus bersikap lebih fleksibel.

Cara Menghadapi Teman yang Gampang Baper (via TribunStyle)