4 Tips Liburan Bersama Anak agar Nyaman dan Menyenangkan

Berlibur bersama anak ternyata tidak selalu mudah. Meski demikian, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar lebih nyaman dan menyenangkan.

Pasti menyenangkan jika anak sudah bisa diajak liburan bersama. Selain untuk membangun kedekatan, waktu berlibur bersama anak juga bisa meningkatkan keharmonisan antara orang tua dan anak. Momen akhir pekan bisa dimanfaatkan para orang tua untuk mengajak anak-anak berlibur.

Namun berlibur bersama anak ternyata tidak selalu mudah, apalagi kalau anak masih balita. Nah, supaya perjalanan liburan keluarga berjalan lancar, simak tips liburan bersama anak agar nyaman dan menyenangkan berikut:

1. Rencanakan Liburan ke Destinasi Ramah Anak

Saat berlibur bersama anak, carilah destinasi wisata yang bisa dinikmati bersama anak. Bisa dengan berjalan-jalan ke taman sambil mengenalkan beragam tanaman, atau mencari akomodasi yang menyediakan fasilitas memberi makan hewan kecil.

2. Persiapkan Kebutuhan Anak

Tips Liburan Bersama Anak (via Republika)

Sebelum bepergian, pastikan semua keperluan anak sudah siap dibawa. Selain keperluan utama seperti susu, obat-obatan, popok dsb, jangan lupakan juga mengenai boneka atau selimut kesayangan si kecil. Siapkan juga berbagai mainan aktivitas yang bisa dilakukan selama perjalanan supaya anak tidak bosan.

3. Buat Jadwal yang Tidak Padat

Tips Liburan Bersama Anak (via Okezone)

Saat berlibur bersama anak, buat jadwal yang tidak padat. Tidak perlu mengunjungi terlalu banyak destinasi dalam satu hari, karena akan membuat anak kelelahan. Selain itu, sesuaikan jadwal dengan waktu tidur anak. Jangan sampai jadwal tidur anak jadi berantakan hingga anak rewel dan tantrum.

4. Bawa Kereta Dorong

Tips Liburan Bersama Anak (via Orami)

Jika mengajak anak ke destinasi wisata yang banyak berjalan, usahakan untuk membawa kereta dorong. Jadi, saat anak mulai kelelahan berjalan, bisa langsung menggunakan kereta dorong. Jadi anak merasa nyaman dan kamu pun tak kelelahan.

Nah itulah tips yang bisa kamu terapkan agar liburan bersama anak menjadi nyaman dan menyenangkan. Dengan mempersiapkan sebaik mungkin, liburan bersama anak akan menjadi momen bahagia bagi anak dan orang tua.

 

Tips Liburan Bersama Anak (via Alodokter)