Tidur Lebih Berkualitas! Begini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Kamu harus tahu cara mengatasi insomnia agar bisa tidur lebih nyenyak sehingga tidak berdampak buruk pada produkitivitas dan kehidupan sosial. Simak ulasannya!

Insomnia adalah kebiasaan buruk yang jika dibiarkan bisa berdampak buruk pada kualitas tidur. Dan kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan. Karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi insomnia agar bisa tidur lebih nyenyak.

Sebagai informasi, kekurangan jam tidur dapat memberikan banyak dampak buruk, seperti sulit berkonsentrasi, sistem kekebalan tubuh melemah, mudah marah, dan masih banyak lagi. Kalau selama ini kamu memiliki masalah insomnia, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia seperti dikutip dari laman Halodoc.

1. Relaksasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan relaksasi, seperti yoga. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine menyebutkan bahwa yoga bagus untuk memperbaiki kualitas tidur.

Tidak hanya itu, yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental. Selain yoga kamu juga bisa lalukan relaksasi dengan cara lain, misalnya seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, menonton drama, dan melakukan hal lain yang disukai.

2. Mengatur Jadwal Tidur

Begini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat (via Detik)

Tidak hanya anak kecil yang harus memiliki jadwal tidur, namun orang dewasa juga memerlukannya,  sebab waktu tidur yang kacau bisa menjadi penyebab insomnia. Dengan mengatur jadwa tidur, tubuh akan lebih mudah beristirahat dan terhindar dari insomnia.

3. Mengubah Suasana Kamar

Begini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat (via KONTAN)

Suasana kamar juga bisa menjadi penyebab kamu susah tidur. Cobalah untuk mengubah suasana kamar dengan menata ulang atau mengganti lampu kamar. Dengan suasana baru, kemungkinan kamu bisa lebih rileks.

4. Berolahraga

Begini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat (via Pantai Mentari)

Selain beberapa cara yang sudsh disebutkan tadi, kamu juga mulai rutin berolahraga untuk mengatasi insomnia. Sebuah studi dalam jurnal Randomized Controlled Trial menyebutkan, berolahraga setidaknya 150 menit per minggu selama enam bulan dapat mengurangi gejala insomnia, depresi, dan rasa cemas berlebihan.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Kalau ada yang alami dan aman, kenapa harus pakai bahan kimia? Selamat mencoba ya!

Begini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat (via BCA Life)