Nggak Ada Untungnya! Ini 4 Kerugian Tidak Percaya Diri

Tahukah kamu bahwa ada banyak kerugian tidak percaya diri dan nggak ada untungnya sama sekali? Yuk simak ulasannya!

Setiap orang tentu pernah merasa tidak percaya diri. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari karena pengalaman masa kecil hingga karena merasa tidak punya kelebihan. Padahal ada banyak kerugian tidak percaya diri, nggak ada untungnya sama sekali.

Kalau sampai saat ini kamu masih memelihara sikap kurang percaya diri, sebaiknya kamu pahami betul-betul apa saja kerugian yang nantinya bisa kamu alami. Apa saja hal buruk yang akan kamu alami, berikut beberapa di antaranya:

1. Selalu Merasa Rendah Diri

Rendah hati memang harus dilakukan, tapi kalau rendah diri jangan ya. Mereka yang kurang percaya diri umumnya merasa rendah diri. Mereka selalu merasa tidak berguna dan tidak berhak mendapatkan kebahagiaan atau kesuksesan. Hal ini tentu bisa sangat menggangu kesehatan mental, dan bisa mempengaruhi kualitas hidup karena selalu dihantui dengan pikiran-pikiran negatifnya sendiri.

Selain itu, kurangnya kepercayaan diri seringkali berdampak pada kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain secara bebas dan percaya diri. Rasa tidak aman tentang diri sendiri dapat membuat seseorang merasa malu, takut dihakimi, atau merasa tidak layak untuk bersosialisasi. Hal ini dapat menghambat pembentukan hubungan yang sehat dan membatasi pengalaman sosial yang berharga.

2. Sering Kehilangan Kesempatan Baik

Kerugian Tidak Percaya Diri (via Popmama)

Rasa kurang percaya diri bisa membuat seseorang kehilangan kesempatan baik. Karena dia cenderung ragu-ragu mengambil keputusan, sehingga kesempatan tersebut lewat begitu saja. Tentu saja, hal tersebut bisa mengganggu kemajuan karir seseorang. Ingat, kesempatan tidak datang dua kali ya.

3. Karirnya Sulit Berkembang

Kerugian Tidak Percaya Diri (via Riliv)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, sulitnya dia mengambil keputusan membuat karirnya sulit berkembang. Sebab mereka tidak mau mengambil risiko untuk mencapai tujuan yang dia inginkan.

Seseorang mungkin merasa ragu untuk mengambil tanggung jawab baru, mengajukan diri untuk promosi, atau berpartisipasi dalam situasi yang menuntut seperti presentasi atau pertemuan penting.  Akibatnya, dia hanya stuck di situ-situ saja, tanpa bergerak maju sedikit pun.

4. Selalu Bergantung Pada Orang Lain

Kerugian Tidak Percaya Diri (via Gramedia)

Orang yang tidak percaya diri akan sulit untuk lepas dari orang lain. Dia akan selalu bergantung pada orang yang dia percaya, meski dia sendiri sebenarnya bisa melakukan. Misalnya saat kamu diminta tampil di depan umum, maka kamu akan meminta temanmu untuk menemani. Karena hanya dengan dialah kamu bisa merasa lebih percaya diri.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja kerugian tidak percaya diri. Agar hal ini teratasi, kamu perlu mengembangkan pemahaman yang lebih positif tentang diri sendiri, meningkatkan keterampilan sosial, mengubah pola pikir yang negatif, dan mencari dukungan dari orang-orang terdekat atau profesional yang dapat membantu membangun kepercayaan diri yang sehat.

Kerugian Tidak Percaya Diri (via Medcom)