5 Cara Merawat Rambut Curly, Nggak Susah Kok!

Sebenarnya bagaimana sih cara merawat rambut curly dengan baik dan benar? Yuk simak informasi berikut ini!

Sebenarnya bagaimana sih cara merawat rambut curly dengan baik dan benar? Faktanya, banyak yang menganggap bahwa memiliki rambut keriting adalah hal yang menyusahkan. Selain susah diatur, banyak yang memasang standart kecantikan perempuan adalah berambut lurus. Alhasil, kebanyakan perempuan memilih menghindari model rambut ini dengan berbagai cara.

Padahal kalau kamu tahu bagaimana cara merawat rambut curly, kamu pasti bisa membuat para pemilik rambut lurus iri banget. Kalau kamu termasuk salah satu pemilik rambut curly yang masih belum tahu bagaimana cara merawatnya, berikut ini langkah-langkahnya seperti dikutip dari laman All Things Hair:

1. Hindari Menyisir Dalam Kondisi Rambut Basah

Perlu diketahui, dalam kondisi basah rambut keriting lebih rentan rontok. Sebab batang rambutnya cenderung rapuh dan cepat patah. Sebaiknya tunggu dulu hingga rambut mengering, baru menyisirnya atau sisir rambut sebelum keramas. Selain itu, disarankan mengaplikasikan vitamin rambut dan hair tonic agar rambut mendapat nutrisi yang cukup.

2. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Cara Merawat Rambut Curly (via Pantene)

Selain menghindari menyisir rambut dalam keadaan basah, kamu juga disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang untuk menyisirnya. Hal ini untuk menghindari kerontokan rambut saat disisir.

3. Keramas dengan Cara yang Benar

Cara Merawat Rambut Curly (via Grid)

Keramas asal-asalan juga bisa menjadi salah satu penyebab sulitnya perawatan rambut curly. Ada teknik keramas khusus untuk membersihkan rambut keriting, terutama untuk rambut keriting tebal.

Dimulai dari menjepit rambut jadi empat bagian besar. Kemudian pakai shampo dengan cara menyekanya secara perlahan. Setelah rata, usapkan busa shampo secara merata ke seluruh rambut dengan cara memijatnya. Kamu bisa mengulangi di setiap bagian, tapi jangan menggosoknya terlalu keras ya.

4. Jangan Keramas dengan Air Hangat

Cara Merawat Rambut Curly (via CNN Indonesia)

Saat keramas sebaiknya hindari menggunakan air hangat atau panas. sebab suhu panas dapat merusak rambut karena kutikula yang terbuka. Dalam kondisi tersebut rambut menjadi sangat rapuh. Lebih baik gunakan air dingin atau bersuhu normal.

5. Pilih Shampo yang Melembabkan

Cara Merawat Rambut Curly (via KlikDokter)

Cara terakhir untuk merawat rambut curly adalah dengan memilih shampo yang dapat melembabkan. Sebab rambut keriting cenderung kering, sehingga kamu wajib memilih shampo dengan kandungan argan oil yang dapat melembutkan rambut, soy milk protein yang dapat menghidrasi rambut, dan vitamin E yang bisa menjadikan rambut lebih halus.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat rambut curly agar lebih sehat dan mudah diatur. Jadi nggak kalah cantik deh dengan rambut lurus. Karena setiap perempuan punya kecantikannya sendiri.

Cara Merawat Rambut Curly (via Liputan6)