Segera Atasi! Ini 4 Ciri Penuaan di Usia 40an yang Harus Kamu Waspadai

Sejumlah ciri penuaan di usia 40an sudah mulai muncul satu per satu di permukaan kulit. Apa saja? Yuk cari tahu!

Memasuki usia 40an tidak jarang perempuan merasakan kekhawatiran pada kondisi wajahnya. Sebab sejumlah ciri penuaan di usia 40an sudah mulai muncul satu per satu. Tentu saja hal tersebut harus segera diatasi sebelum terlambat. Nah, agar kamu bisa mengatasi tanda-tanda penuaan secara maksimal, yuk kenali terlebih dahulu apa saja cirinya.

1. Muncul Garis Halus

Ciri penuaan yang muncul pada usia 40an adalah garis halus. Biasanya garis halus ini akan muncul pada bagian bawah mata dan dahi. Namun tenang, munculnya kerutan pada bawah mata bisa kamu atasi dengan menggunakan eye cream secara teratur. Tapi jangan tunggu usia 40 tahun baru menggunakan eyecream. Mulai gunakan eyecream saat kamu memasuki usia 20an agar munculnya garis halus tersebut dapat dicegah.

2. Kulit Wajah Berubah Kusam

Ciri Penuaan di Usia 40an (via Okezone)

Selain muncul garis-garis halus, pada usia 40an tanda penuaan yang muncul juga bisa berupa kulit wajah yang berubah menjadi kusam. Hal ini disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen dalam tubuh.

Untuk mengatasinya kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi minumal kolagen yang dijual bebas di pasaran. Atau kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen, seperti buah-buahan, daging ayam, sayuran hijau, dan putih telur.

3. Muncul Flek Hitam

Ciri Penuaan di Usia 40an (via Jakarta Aesthetic Clinic)

Ciri penuaan selanjutnya adalah munculnya flek hitam pada wajah. Flek hitam ini bukan bekas jerawat, namun tampak seperti titik yang menonjol, dan tentu saja mengganggu penampilan.

Biasanya pemilik kulit sensitif akan lebih sering mengalami kemunculan flek hitam dibandingkan dengan pemilik kulit normal. Selain itu, paparan terhadap sinar UV dan polusi juga akan merusak kulit sehingga perlahan merusak kulit. Untuk mengatasinya, kamu wajib menggunakan sunscreen dan menggunakan produk skincare yang tepat.

4. Lingkaran Hitam Pada Area Mata

Ciri Penuaan di Usia 40an (via Detik)

Ciri penuaan di usia 40an selanjutnya adalah munculnya lingkaran hitam pada bagian mata. Kondisi ini terjadi bisa karena stres, kelelahan, hingga penumpukan sel kulit mati. Lingkaran hitam ini tentu saja bisa menurunkan rasa percaya diri karena akan membuat wajah terlihat lebih tua.

Sama seperti mengatasi kerutan, kamu bisa mencegah munculnya lingkaran hitam pada area bawah mata dengan menggunakan eye cream secara rutin. Atau kamu juga bisa menyamarkannya dengan menggunakan concealer saat sebelum menggunakan makeup.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja ciri penuaan di usia 40an. Mulai atasi sejak dini, agar saat memasuki usia 40an, tanda-tanda tersebut dapat dicegah. Yuk jaga kesehatan kulitmu!

Ciri Penuaan di Usia 40an (via Alodokter)