Jangan Buang Waktumu! Begini Cara Menghentikan Doomscroling yang Berpotensi Merusak Hidupmu

apa sih maksud dan bagaimana cara menghentikan doomscrolling? Yuk simak ulasan berikut ini!

Kamu suka cek media sosial dan tidak bisa berhenti scrolling? Jangan-jangan kamu termasuk doomscroling? Memang apa sih maksudnya, dan bagaimana cara menghentikan doomscrolling?

Sebagai informasi, doomscrolling merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang terus-menerus berselancar di internet tanpa tujuan yang jelas. Kegiatan tersebut terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, dan jika dibiarkan bisa berakibat buruk pada kesehatan mental.

Padahal saat ini media sosial rasanya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Bahkan banyak orang, terutama anak muda, yang seakan kecanduan dan tidak bisa berhenti scrolling meski hal tersebut tidak terlalu penting. Mereka terus menatap layar tanpa tujuan yang jelas, sehingga tanpa sadar menghabiskan terlalu banyak waktu di sana.

Memang separah apa sih dampaknya untuk kehidupan, baik fisik maupun mental anak muda? Bagaimana pula cara menghentikannya? Demi kebaikanmu sendiri, coba simak beberapa informasi berikut ini!

Efek Doomscrolling Pada Kesehatan Mental

Mengutip Halodoc, doomscrolling dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan mental. Diantaranya seperti menguatkan pikiran negatif, mengganggu tidur, dan memperparah depresi yang sudah ada sebelumnya

Selain itu, doomscrolling juga bisa memicu rasa gelisah berlebihan, meningkatkan rasa cemas dan kepanikan, serta bisa meningkatkan hormon stres. Wah, lumayan serem ya. Harus cepet diatasi nih!

Cara Menghentikan Doomscrolling

Doomscrolling (via Narasi TV)

Karena bisa berdampak buruk pada kesehatan mental, maka dari itu doomscrolling harus segera diatasi sebelum terlambat. Ada banyak cara menghentikan doomscrolling yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Kamu bisa mulai memberikan batasan waktu dalam menggunakan media sosial dan situs berita apapun. Tenang, meski sebentar kamu tetap bisa mendapatkan informasi dan terhubung dengan teman kok.

2. Jika kamu benar-benar ingin berhenti dari doomscrolling, kamu harus menjauhkan ponsel sebelum tidur. Misalnya letakkan ponsel di tempat yang agak jauh dari tempat tidur. Dengan begitu, kamu bisa fokus mengistirahatkan tubuh tanpa tergoda membuka ponsel.

3. Cara terakhir agar kamu terlepas dari doomscrolling adalah dengan mencoba menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif. Blokir semua akun yang menurut kamu membuat kesal atau menambah kecemasan. Dengan begitu, kamu tetap bisa fokus pada hal-hal positif yang tentunya baik untuk kesehatan mental.

Doomscrolling (via AZ Big Media)

Nah, itu tadi cara menghentikan doomscrolling dan dampak buruknya bagi kesehatan mental. Jadi jangan buang waktumu lagi ya. Pastikan kamu menghabiskan waktumu hanya untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

 

 

Doomscrolling (via iStock)