4 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam

Adakah cara mencerahkan siku dan lutut yang menghitam dengan cepat dan tanpa efek samping? Yuk cari tahu jawabannya di sini!

Adakah cara mencerahkan siku dan lutut yang menghitam dengan cepat dan tanpa efek samping? Memang seberapa penting melakukan perawatan di area ini? Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan kulit yang glowing, kamu juga perlu mencerahkan siku dan lutut.

Siku dan lutut yang menghitam pasti akan sangat mengganggu penampilan dan membuat kulit tampak belang. Untuk mengatasinya, terdapat bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan siku dan lutut yang menghitam, antara lain:

1. Minyak Kelapa

Bahan alami untuk mencerahkan siku dan lutut yang menghitam yang pertama adalah minyak kelapa. Selain dapat melembapkan kulit, kandungan dalam minyak kelapa juga dapat membantu mencerahkan kulit. Oleskan minyak kelapa pada siku dan lutut setelah mandi, saat kulit masih lembap. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan siku dan lutut yang cerah seperti yang kamu inginkan.

2. Kunyit

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam (via Jagad Tani)

Kamu juga bisa menggunakan kunyit untuk mencerahkan siku dan lutut. Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya bermanfaat untuk memutihkan kulit siku dan lutut yang menghitam.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur ½ sendok teh kunyit dan 1 sendok makan yogurt atau madu. Aduk rata lalu oleskan ke siku dan lutut. Tunggu selama 10 hingga 15 menit lalu bilas. Ulangi 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil siku dan lutut yang cerah.

3. Lidah Buaya

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam (via Kompas)

Lidah buaya juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mencerahkan siku dan lutut yang menghitam. Kandungan lidah buaya juga dikenal luas bermanfaat untuk melembapkan kulit.

Untuk menggunakannya, kamu perlu membelah lidah buaya menjadi 2 bagian lalu ambil gel lidah buaya. Oleskan pada area siku dan lutut yang menghitam. Lakukan secara teratur untuk melihat khasiatnya pada siku dan lutut.

4. Teh Hijau

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam (via BINUS UNIVERSITY)

Teh hijau memiliki senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu mencerahkan kulit. Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa senyawa tersebut dapat mencegah akumulasi melanin, sehingga tanpa adanya produksi melamin yang berlebih dapat mencegah area kulit menjadi lebih gelap.

Untuk menggunakannya, seduh sekantong teh hijau dalam 1 cangkir air panas, lalu tunggu hingga dingin. Kemudian gunakan kapas untuk mengusapkan air teh hijau ke lutut dan siku. Lakukan 2 kali dalam sehari hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Itulah 4 bahan alami yang dapat mencerahkan siku dan lutut yang menghitam. Perlu waktu agar bahan-bahan alami di atas menunjukkan hasil dalam mencerahkan siku dan lutut. Karena itu, gunakan bahan-bahan tersebut secara konsisten agar mendapat hasil yang kamu inginkan.

 

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam (via Alodokter)