Lama Hilang! Pemeran Ikal Laskar Pelangi Ditangkap Bareng Istri Kasus Tabrak Lari Hingga Prostitusi Online

Pemeran Ikal Laskar Pelangi, Zulfani Pasha ditangkap polisi bersama istri karena kasus tabrak lari sampai prostitusi online.

Pemeran Ikal Laskar Pelangi yakni Zulfani Pasha sudah cukup lama menghilang dan jarang mucul di layar kaca. Namun baru-baru ini, Zulfani Pasha datang dengan kabar mengejutkan karena dia ditangkap polisi. Parahnya, Zulfani diamankan usai terlibat tiga kasus sekaligus.

Tidak sendiri, Zulfani Pasha ditangkap bersama dengan sang istri, PA dan tiga orang rekannya yakni A (18), AL (22), dan H (18). Penangkapan aktor 26 tahun itu diduga berawal dari penipuan terkait prostitusi online yang dilakukan bersama dengan sang istri.

Dalam proses pemeriksaan sejauh ini, Kasat Reskrim Polres Belitung Timur AKP Wawan menuturkan Zulfani Pasha terbukti kerjasama dengan istrinya dalam penipuan di aplikasi kencan 'hijau'. Mereka kedapatan kabur membawa uang korban yang melakukan pemesanan prostitusi.

Korban yang tidak terima uangnya diambil langsung mengejar Zulfani Pasha dan rekan-rekannya. "Dia bersama istrinya dan tiga rekannya membawa kabur uang senilai Rp500 ribu. Kemudian korban mengejar mereka sampai ke Gantung," ujar AKP Wawan, Senin (1/5/2023).

Kasat Reskrim menyatakan penipuan ini bermula dari PA yang mengaktifkan aplikasi MiChat miliknya. Setelah sampai di hotel tempat pertemuan, PA malah membawa kabur uang pria tersebut. "Lalu saat di hotel, PA membawa kabur uang pria pemesan tersebut bekerjasama dengan suaminya," imbuhnya.

Bermula dari kasus inilah, Ikal Laskar Pelangi sampai mengeluarkan samurai dari mobil yang ditumpanginya. Tindakan ini dilakukan awalnya agar korban merasa takut dan berhenti mengejar mereka. Korban pun memutuskan berhenti untuk meminta tolong dan melaporkan ke anggota Pos Pam Gantung.

Zulfani Pasha dkk juga sempat disebut-sebut melakukan aksi pembegalan setelah mengeluarkan samurai di kawasan jembatan bom Gantung. Namun, polisi mengkonfirmasi bahwa yang dilakukan Zulfani Pasha dkk hanyalah aksi mengeluarkan pedang dan bukan aksi pembegalan.

Kebersamaan Zulfani Pasha dan Sang Istri (Berbagai Sumber)

Akan tetapi setelah aksi mengeluarkan pedang tersebut, Zulfani Pasha dilaporkan melakukan tabrak lari pada pengendara sepeda motor di kawasan Pulau Dapor. Setelah tindakan itu, korban berusaha mengejar mobil yang dikendarai Zulfani Pasha yang kabur ke arah Pasar Gantung.

Saat sampai di Pospam Ketupat Menumbing, Polsek Gantung, pengendara motor tersebut memutuskan untuk melaporkan kejadian yang baru saja dialaminya. Anggota piket pun langsung melakukan pengejaran terhadap mobil yang dikendarai Zulfani Pasha dkk. 

Tapi bukannya kapok, mobil yang dikendarai lima orang ini justru nekat menabrak motor milik anggota Pospam sampai ringsek ke bawah kolong mobil tersebut. Pelaku akhirnya dipaksa turun dan setelah digeledah ditemukan satu buah pedang samurai.

Momen Penangkapan Zulfani Pasha Pemeran Ikal Laskar Pelangi (Belitong Ekspres)

Saat ini, pelaku sudah diamankan di Polsek Gantung beserta barang buktinya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelahnya, pemeran Ikal dalam film Laskar Pelangi, Zulfani Pasha bersama sang istri dan tiga rekannya menjalani tes urine dan hasilnya dinyatakan negatif.

"Sudah dilakukan tes urine terhadap mereka hari ini. Dari hasil tes urine tersebut, lima orang ini negatif termasuk saudara ZP. Namun dari pengakuannya, dia pernah menggunakan sabu di masa lalu," pungkas AKP Wawan.

Atas kasus dugaan penipuan online dan penyalahgunaan senjata ini, kelima orang tersebut didakwa melanggar pasal 378 KUHP dan pasal 2 ayat 1 UU nomor 12 tahun 1951 tentang senjata tajam dan terancam hukuman penjara maksimal 14 tahun. Kita nantikan saja kelanjutan kasus Zulfani Pasha.

Barang Bukti Samurai Dan Mobil Yang Ditumpangi Zulfani Pasha (Tribun)