Tips untuk New Mom Agar Tetap Bahagia Menjalani Peran Baru

Tidak semua perempuan bisa menjalani profesi sebagai ibu baru dengan bahagia. Karenanya, pahami tips untuk new mom berikut ini!

Kehadiran buah hati merupakan hal membahagiakan sekaligus penuh kejutan. Proses membesarkan buah hati pertama kalinya, sering kali membutuhkan penyesuaian bagi sang ibu. Ada kalanya, ibu akan merasa terasing dari dunia karena fokus kesibukan sekarang hanya ada pada buah hati.

Jika berlarut-larut, hal ini tentunya akan berdampak tidak baik bagi fisik dan mental ibu. Karena itu ada beberapa tips untuk new mom agar kebahagiaan diri juga terjaga dibalik banyak hal baru yang terjadi di sekitarnya. Yuk kita simak tips untuk ibu baru agar kesehatan mentalnya tetap terjaga.

1. Jadilah Ibu yang Bahagia

Saat sudah menjadi ibu dan sibuk mengurus buah hati, bukan berarti kamu mengabaikan mengurus diri sendiri. Bahagiakan diri sendiri seperti sebelum menjadi ibu. Percantik diri dan pakai baju yang bagus. Ambil jeda waktu bergantian mengurus buah hati untuk melakukan kegiatan yang diinginkan walaupun sesaat. Karena jika ibu bahagia, maka semua akan terasa lebih mudah dilakukan.

2. Memahami Kebutuhan Diri Sendiri

Tips untuk New Mom (via Halodoc)

Saat menjadi new moms, ibu hanya akan fokus pada apa yang dibutuhkan anak dan mempelajari banyak hal baru dalam waktu singkat. Tanpa disadari terkadang hal ini membuat kamu lupa terhadap kebutuhan diri sendiri sampai tidak peduli terhadap alarm yang mengingatkan bahwa tubuh dan emosi kita juga perlu diperhatikan, terutama keahlian mengelola emosi. Padahal, sebagai ibu, kebutuhan jasmani dan rohani kita harus terpenuhi agar dapat melakukan peran baru secara maksimal.

3. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tips untuk New Mom (via Mooimom)

Setiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi tidak perlu membandingkan tumbuh kembang bayi kita dengan bayi lain, tidak usah buang waktu membandingkan diri sendiri dengan ibu lain. Nikmati saja peranmu dalam memenuhi kebutuhan si kecil.

4. Terima Bantuan

Tips untuk New Mom (via Parapuan)

Memiliki peran sebagai new mom, bukan berarti segala hal perlu kamu lakukan sendiri. Kamu bisa meminta tolong pada suami atau anggota keluarga lain untuk menggendong bayi saat kamu sedang mandi, menerima pemberian masakan ibu dengan tangan terbuka agar kamu tidak perlu memasak, atau sekedar menerima pijatan dari suami saat kamu lelah menyusui di tengah malam. Kamu juga bisa membangun kerjasama yang baik dengan suami agar kalian lebih menyadari bahwa anak memang tanggung jawab kedua orang tua.

Itulah tips untuk new mom agar tetap bahagia dalam menjalani peran baru. Jangan ragu untuk me time selagi sempat ya! Ingatlah bahwa kesehatan mental ibu sangat penting untuk membentuk generasi yang berkualitas.

Tips untuk New Mom (via detikHealth)