4 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok, Jangan Anggap Remeh!

Kalau kamu sudah memakai berbagai macam shampo dan ternyata rambut tetap rontok, jangan-jangan beberapa kebiasaan ini masih kamu lakukan.

Rambut rontok memang bukan permasalahan sepele. Jika dibiarkan terus-menerus, maka bisa menyebabkan kebotakan. Duh, serem banget dong. Perlu diketahui bahwa rambut rontok tidak hanya disebabkan karena salah memilih shampo, tapi ada beberapa kebiasaan yang memicunya.

Kalau kamu sudah memakai berbagai macam shampo dan ternyata rambut tetap rontok, jangan-jangan beberapa kebiasaan ini masih kamu lakukan. Lebih baik stop dari sekarang ya!

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kamu suka mengikat rambut terlalu kencang agar enggak rambut terlihat rapi? Eh, ini enggak boleh lho. Folikel rambut bisa mengalami kerusakan ketika ada ketegangan berlebih karena ikatan rambut yang terlalu kencang. Jadi ikatlah rambut sewajarnya saja, jangan terlalu kencang agar tidak merusak rambut.

2. Menggunakan Peralatan Panas pada Rambut

Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok (via Grid)

Sering melakukan hair styling pada rambut juga bisa bikin rambut rontok. Peralatan panas yang digunakan untuk mengeringkan atau menata rambut bisa menyebabkan kerusakan. Bahkan suhu tinggi yang dihasilkan alat tersebut bisa merusak protein rambut dan kutikula sehingga rambut jadi menipis.

3. Memelintir Rambut

Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok (via Product Nation)

Perempuan sering kali memainkan rambut yang tergerai dengan cara dipelintir. Kebiasaan ini terlihat sepele, namun ternyata bisa bikin rambut rontok lho. Perilaku ini mirip dengan trichotillomania (kebiasaan mencabut atau menarik rambut). Jika kamu sering melakukannya, lebih hindari kebiasaan ini agar rambut kamu aman dari kerusakan.

4. Menyisir Rambut Basah

Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok (via Tribunnews)

Rambut yang basah memiliki kondisi yang lebih lemah dan rentan rontok. Jadi jangan heran ketika menyisir rambut basah, maka banyak helaian rambut yang berjatuhan. Rambut yang kering memiliki akar rambut yang lebih kuat dan tak mudah lepas, sehingga kerontokan bisa dihindari. Jadi sebisa mungkin tunggu rambut kering baru disisir ya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan rambut rontok. Hentikan sekarang, untuk menghindari kerontokan.

Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok (via Republika)