5 Cara Mengatasi Ngantuk Tanpa Kopi, Penderita Asam Lambung Wajib Tahu

Selama ini kopi dianggap paling ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk. Padahal ada cara lain yang juga efektif, terutama jika kamu memiliki riwayat GERD.

Rasa kantuk yang menyerang di jam kerja jelas jadi kendala yang menyebalkan. Saat kamu harus fokus untuk menyelesaikan tugas, rasa berat pada mata benar-benar akan mengganggu konsentrasi. Namun di sisi lain, kamu tidak bisa minum kopi atau kafein karena alasan tertentu (misalnya kamu mengidap GERD/gangguan asam lambung).

Namun tenang, sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan kantuk tanpa harus mengonsumsi kafein. Cobalah trik-trik mudah berikut ini agar kamu merasa segar kembali di jam kerja. Yuk simak!

1. Bergerak

Saat mata terasa berat, cobalah untuk berdiri dan menggerakkan tubuh. Kamu bisa berjalan ke pantry, toilet, atau melakukan hal yang bisa mengalihkan rasa kantuk. Beberapa orang juga melakukan stretching atau peregangan tubuh untuk melemaskan otot dan mengurangi rasa kantuk.

2. Istirahatkan Mata

Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi (via Grid)

Rasa berat pada mata kadang muncul karena kamu terlalu intens menatap layar. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuat matamu beristirahat sejenak. Jika tak memungkinkan untuk tidur, cobalah untuk mengalihkan pandangan dari layar dan melihat pemandangan hijau yang ada di sekitarmu. Karena itulah kamu perlu membuat ruang kerjamu senyaman mungkin.

3. Konsumsi Camilan Sehat

Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi (via GreenHub)

Daripada kamu minum kopi yang berisiko menaikkan asam lambung, cobalah untuk menyantap camilan sehat. Selai kacang, yogurt, camilan wortel, dan asupan rendah lemak bisa menjadi pilihan. Dengan menggerakkan mulut untuk mengunyah, kamu akan bisa sedikit mengalihkan rasa kantuk.

4. Minum Air Putih

Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi (via Tempo)

Jika kamu adalah orang yang menghindari kafein, maka air putih juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kantuk. Dalam beberapa kasus, rasa kantuk kadang muncul karena kurangnya cairan dalam tubuh. Cobalah penuhi kebutuhan tubuh agar kamu tetap segar.

5. Cuci Muka dengan Air Dingin

Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi (via Riau Aktual)

Hampir semua orang tahu bahwa cuci muka dengan air dingin adalah senjata pamungkas untuk mengatasi rasa kantuk. Cobalah untuk membasuh atau setidaknya mengompres wajah dengan air agar kamu merasa segar kembali.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kantuk tanpa minum kopi. Karenanya, tidak ada alasan lagi bagi penderita asam lambung untuk tidak produktif karena tidak bisa minum kafein. Selama mencoba!

Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi (via Glints)