Malas Ribet, Ini 3 Alasan Seseorang Suka Traveling Sendiri

Beberapa orang lebih memilih untuk traveling sendirian dibanding beramai-ramai, lantas apakah alasan seseorang suka pergi sendiri?

Pergi beramai-ramai memang seru, tapi ada kalanya seseorang lebih suka traveling sendirian dari pada berkelompok. Salah satunya alasannya karena malas ribet. Benarkah alasan seseorang suka traveling sendiri karena malas ribet?

Faktanya, bagi orang yang suka traveling ramai-ramai, tentu ide traveling sendirian akan terasa aneh. Padahal, traveling sendirian itu memiliki sejumlah manfaat untuk traveler, lho!

Kalau kamu termasuk orang yang lebih suka traveling atau pergi sendiri, mungkin kamu bisa menjelaskan beberapa alasan berikut ini pada temanmu agar mereka paham bahwa traveling sendirian pun bisa menyenangkan. Apa saja?

1. Lebih Berani dan Mandiri

Terkadang seseorang lebih suka traveling sendirian karena mereka ingin menantang dirinya untuk menjadi lebih berani dan mandiri, artinya mereka tidak ketergantungan dengan orang lain. Biasanya hal ini dilakukan para backpacker.

Mereka memiliki nyali yang begitu besar dan selalu penasaran dengan hal baru. Bagi mereka, hidup hanya sekali dan nggak boleh disia-siakan. Karenanya, daripada buang waktu mencari partner perjalanan yang cocok, mending melakukannya sendirian kan?

2. Lebih Fleksibel

Alasan Seseorang Suka Pergi Sendiri (via IDN Times)

Traveling bersama teman, artinya kamu harus menyediakan banyak stok sabar. Pasalnya, kamu nggak bisa seenaknya pergi kapanpun dan kemanapun. Semua harus dijalanani berdasarkan musyawarah dan mufakat. Jadi nggak bisa fleksibel kan?

Kalian harus memiliki kesepakatan mau pergi ke mana dan kapan, agar kalian bisa berlibur bersama-sama. Apalagi jika temanmu adalah tipe orang yang suka terlambat. Wah, harus ekstra sabar tuh.

Ini nih yang biasanya dihindari. Karena ketika kamu sudah menunggu lama, maka mood untuk traveling bisa saja berubah. Terlebih lagi, setiap orang mungkin punya kebiasaan dan ego masing-masing yang harus dicari jalan tengahnya. Untuk menghindari hal ini, tidak heran jika banyak orang yang memilih pergi sendirian.

3. Bisa Mengatur Uang

Alasan Seseorang Suka Pergi Sendiri (via MSN)

Buat kamu yang hanya punya budget pas-pasan untuk traveling, pergi sendirian akan membuat kamu lebih bisa mengatur uang. Seperti biaya penginapan, makanan, hingga transportasi.

Karena setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menggunakan uang, jadi dengan pergi sendiri kamu lebih bisa mengontrol pengeluaran. Meski demikian, hal ini juga tak selalu akurat. Banyak juga biaya yang akan lebih ringan jika ditanggung bersama.

Nah, sekarang sudah tahu apa saja alasan seseorang suka traveling sendiri. Kalau kamu lebih suka mana? Walaupun kelihatannya menyenangkan, namun kadang pergi sendirian juga cukup berisiko jika kamu tersesat atau mengalami kemalangan. Apapun itu, rencanakan semua dengan baik, ya!

Alasan Seseorang Suka Pergi Sendiri (via Uprint)