Banyak yang Tidak Tahu, Daun Kelor Ternyata Bisa Bikin Wajah Lebih Cantik Lho!

Daun kelor sangat bermanfaat di bidang kesehatan. Namun tahukah kamu bahwa tanaman ini juga bisa menjadi skincare alami? Simak ulasannya!

Bicara soal daun kelor, kebanyakan orang akan langsung terpikir manfaatnya untuk meningkatkan produksi ASI. Padahal, selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi tanaman ini, termasuk untuk menjaga kecantikan.

Dilansir dari berbagai sumber, konsumsi daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Bahannya pun didapat dan diolah untuk memberikan kecantikan yang paripurna. Berikut ini adalah beberapa khasiatnya untuk wajah.

1. Mencerahkan Kulit

Jika kamu mengalami masalah kulit kusam, hiperpigmentasi, perubahan warna, dan lain-lain, maka daun kelor bisa menjadi salah satu solusi. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat bermanfaat untuk menghambat pembentukan noda hitam sekaligus mendorong produksi kolagen yang penting untuk menjaga elatisitas kulit.

2. Mengurangi Peradangan

Manfaat Daun Kelor (via Klik Dokter)

Jerawat, bisul, dan peradangan lain pada kulit adalah hal yang sangat mengganggu. Sebenarnya, peradangan atau inflamasi adalah respons alami yang dilakukan tubuh terhadap cedera atau infeksi yang menyerang.

Namun peradangan perlu dikurangi karena sistem perlindungan tubuh jadi melemah saat peradangan akibat infeksi atau cedera. Mengonsumsi daun kelor dipercaya bisa mengurangi peradangan karena memiliki kandungan anti-inflamasi.

3. Melawan Radikal Bebas

Manfaat Daun Kelor (via Serambinews)

Manfaat daun kelor yang lain adalah mampu melawan radikal bebas karena daun kelor memiliki antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa mencegah kerusakan jaringan kulit.

Selain itu, jika kadar radikal bebas pada tubuh terlalu tinggi, akan mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif sehingga memunculkan penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Konsumsi daun kelor bisa mengatasi semua masalah itu.

4. Anti-Aging

Manfaat Daun Kelor (via Guesehat)

Selalu terlihat muda dan cantik adalah dambaan semua perempuan. Namun daripada kamu membuang uang untuk skincare mahal dan belum tentu cocok, coba deh konsumsi daun kelor atau gunakan sebagai masker. Kandungan vitamin C di dalamnya akan mendorong produksi kolagen yang menjaga kekenyalan kulit.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit. Selain khasiat di atas, mungkin masih banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dengan penggunaan secara teratur. Yuk mulai rawat kulit secara alami!

 

Manfaat Daun Kelor (via Kadin Kabupaten Pangandaran)