Suka Kulineran? Ini Lho 3 Makanan Khas Lamongan Selain Soto yang Wajib Kamu Cicipi

Selain soto ayam, ada banyak makanan khas Lamongan selain soto yang enak banget dan wajib dicicipi para pecinta wisata kuliner. Apa saja?

Siapa sih yang enggak tahu kalau Kota Lamongan di Jawa Timur itu terkenal dengan kuliner Soto Ayamnya. Padahal ada banyak makanan khas Lamongan selain soto yang enak banget dan wajib dicicipi para pecinta wisata kuliner.

Kalau selama ini kamu cuma tahu lamongan hanya punya soto ayam, ini nih tiga makanan khas Lamongan yang enggak kalah enak dibanding soto. Apa saja?

1. Sego Boranan

Pernah dengar nggak nama makanan Sego Boranan? Kuliner yang satu ini adalah makanan khas Lamongan yang terdiri dari nasi, sayuran, aneka lauk, bumbu yang terbuat dari campuran rempah, dan rempeyek.

Kata ‘boran’ sendiri diambil dari bahasa setempat, artinya bakul nasi yang terbuat dari bambu lalu digendong dengan selendang oleh si penjual. Dan yang bikin makin sedap, Sego Boranan ini disajikan diatas piring yang dialasi daun pisang.

Ciri khas dari makanan satu ini adalah empuk (tepung bumbu goreng), pletuk (nasi atau kacang kering goreng), dan ikan sili goreng yang bentuknya hampir pipih memanjang. Tapi ada lauk lainnya kok seperti ikan bandeng, ayam goreng, tahu, tempe, dan telur asin.

2. Tahu Campur Lamongan

Makanan Khas Lamongan (via Kompas)

Pernah makan tahu campur? Makanan ini memiliki kuah berwarna hitam karena campuran petis udang yang nikmat. Dalam satu piring tahu campur, kamu bisa menyantap banyak makanan mulai dari tahu, lontong, perkedel ketela pohon, bihun, dan daging sapi. Jangan ketinggalan taoge dan selada yang membuat cita rasanya bikin enggak bisa lupa.

3. Asem-asem Bandeng

Makanan Khas Lamongan (via Kompas)

Terakhir ada asem-asem bandeng yang seger banget karena didominasi rasa asam. Sajian khas Lamongan yang satu ini memang dibuat dengan campuran perasan air jeruk atau belimbing wuluh, jadi enggak heran kalau rasa kuahnya asam.

Untuk rempah dan bumbunya, kuliner yang satu ini menggunakan bumbu komplit seperti jahe, lengkuas, kemiri, kunyit, bawang, dan cabai.

Nah, itu tadi tiga makanan khas Lamongan selain soto yang wajib kamu coba. Jadi kalau mampir ke Lamongan jangan cuma cari soto ayam ya, cari makanan lain juga biar jalan-jalanmu semakin mengesankan.

Makanan Khas Lamongan (via IDN Times)