Catat! Ini 5 Tips Aman dan Nyaman Saat Perjalanan Mudik

Mudik merupakan salah satu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Supaya aman dan nyaman, kamu tentu harus mempersiapkan beberapa hal. Apa saja?

Mudik merupakan salah satu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Momen ini biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk bersilaturahmi dengan sanak-keluarga yang lama tak berjumpa. Nah, supaya mudik aman dan nyaman, kamu tentu harus mempersiapkan beberapa hal.

Mulai dari budget, tiket, kendaraan, makananan selama perjalanan, dan masih banyak lagi. Mengutip laman resmi Kemenkeu, berikut ini beberapa tips mudik aman dan nyaman yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Pastikan Keadaan Rumah Aman

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum berangkat mudik adalah memastikan keadaa rumah aman. Cek semua kabel listrik, regulator gas, kran air, serta mengunci semua pintu dan jendela untuk menghindari kejahatan.

Jika perlu, kamu bisa meminta tetangga yang tidak mudik untuk mengawasi kondisi rumah. Dengan begitu, kamu bisa mudik dengan tenang tanpa rasa was-was meninggalkan rumah.

Tips Aman dan Nyaman Saat Perjalanan Mudik (via Harapan Rakyat)

2. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab utama tingginya kecelakaan saat arus mudik adalah kondisi pemudik yang kelelahan dalam perjalanan. Selain tubuh yang lemah dan rentan sakit akibat pengaruh cuaca, konsentrasi juga menurun sehingga tidak memperhatikan kondisi jalan.

Karenanya, sebelum berangkat mudik, pastikan kamu sudah beristirahat dengan cukup. Sebab, kondisi tubuh yang fit sangat diperlukan saat mudik. Mengingat mudik biasanya ditempuh dengan jarak yang cukup jauh.

Tips Aman dan Nyaman Saat Perjalanan Mudik (via INTHEBOX)

3. Membawa Obat-obatan

Sebagaimana disebutkan di atas, kondisi yang fit sangat diperlukan demi kelancaran perjalanan. Untuk berjaga-jaga, pastikan kamu membawa obat-obatan dan vitamin selama di perjalanan.

Pasalnya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di perjalanan dan di kampung halaman. Dari pada repot mencari obat, lebih baik sediakan terlebih dahulu dari rumah. Sedia payung sebelum hujan jauh lebih baik, kan?

Tips Aman dan Nyaman Saat Perjalanan Mudik (via DeveNews)

4. Cek Kendaraan Pribadi

Kalau kamu mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kamu sudah memeriksa mesin, rem, oli, dan, dan peralatan pendukung lainnya, seperti obeng, dongkrak, dan tang. Sehingga semua aman selama di perjalanan. Ada baiknya kamu lebih dulu melakukan servis ke bengkel agar kendaraan lebih terjamin keamanannya.

Tips Aman dan Nyaman Saat Perjalanan Mudik (via Media Indonesia)

5. Pilih Moda Transportasi yang Benar

Jika kamu mudik dengan trasportasi umum, kamu harus memilih moda transportasi yang nyaman dan benar. Jika kampung halamanmu ternyata cukup jauh, sebaiknya gunakan transportasi udara agar lebih cepat sampai.

Nah, itu tadi beberapa tips aman dan nyaman saat perjalanan mudik. Pastikan kamu sudah mendapatkan vaksin covid-19 dan menjalankan protokol kesehatan agar semua aman.

Tips Aman dan Nyaman Saat Perjalanan Mudik (via Blog Gamatechno)