9 Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah, Wajib Tahu untuk yang Baru Pindahan!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa peralatan kebersihan yang harus ada di rumah? Yuk simak panduan berikut ini!

Apakah kamu baru pindah dan sedang bingung apa saja peralatan kebersihan yang harus ada di rumah untuk memudahkan kegiatan bersih-bersih? Faktanya, menyediakan alat kebersihan memang hal penting untuk menunjang kenyamanan dan kebersihan hunian. Ada banyak sekali alat kebersihan yang bisa kamu pilih, mulai dari yang tradisional hingga modern.

Meski demikian, mengingat banyaknya jenis alat kebersihan yang ada, mungkin kamu bingung mana yang harus jadi priotitas. Nah, sebagai panduan, berikut ada list alat kebersihan yang harus ada di rumah untuk memudahkanmu melakukan kegiatan bersih-bersih.

1. Sapu Ijuk dan Pengki

Sapu ijuk dan pengki merupakan salah satu alat kebersihan yang harus ada di rumah. Biasanya sapu ijuk dan pengki dijual dalam bentuk satu set. Kamu memerlukan sapu untuk membersihkan debu dan kotoran di lantai lalu kemudian pengki akan bertugas untuk menampung dan memindahkan kotoran yang telah disapu ke tempat sampah.

2. Kain Pel

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Pinhome)

Berikutnya ada kain pel yang digunakan untuk membersihkan lantai setelah disapu. Kegiatan menyapu lantai, hanya membersihkan kotoran yang tampak, namun tidak dapat membersihkan bakteri yang ada di lantai. Karena itu kamu perlu mengepel lantai dengan menggunakan kain pel dan obat pel agar lantai rumah bersih dan berkilau.

3. Kain Lap

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Kompas)

Selain itu, kamu juga memerlukan kain lap untuk membersihkan permukaan perabotan yang kotor dan berdebu. Pilih kain lap yang berbahan lembut, agar saat digunakan tidak merusak permukaan benda yang sedang dibersihkan.

4. Sikat Lantai

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Suzuki Indonesia)

Alat kebersihan yang harus ada di rumah berikutnya adalah sikat lantai. Alat ini penting untuk membersihkan lantai yang kotor dan berkerak seperti lantai kamar mandi. Sikat lantai juga bisa kamu gunakan untuk permukaan lantai yang lebih kasar, misalnya saja lantai teras. Sikat lantai dapat membersihkan kotoran yang tidak dapat dibersihkan oleh kain pel.

5. Kemoceng

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Lazada)

Kemoceng adalah alat kebersihan untuk membersihkan debu atau sarang laba-laba di langit-langit rumah. Biasanya kemoceng terbuat dari bulu ayam dengan tangkai dari rotan. Dengan kemoceng yang bentuknya ramping dan panjang, kamu dapat membersihkan area yang sulit dijangkau, seperti celah di belakang perabot rumah.

6. Sapu Lidi

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Grid)

Jika sapu ijuk digunakan untuk membersihkan area dalam rumah, maka sapu lidi bisa membersihkan area luar rumah seperti halaman dan area jalan di depan rumah. Karena terbuat dari lidi, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan di area yang kotor dan basah.

7. Spons

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via My Best)

Untuk membersihkan alat makan yang kotor, kamu memerlukan spons cuci. Biasanya, spons memiliki 2 permukaan, yaitu permukaan kasar dan halus. Bagian yang kasar bisa digunakan untuk mengangkat noda makanan yang sudah berkerak di piring, sedangkan yang halus bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

8. Sikat Toilet

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Viva)

Alat kebersihan yang harus ada di rumah berikutnya adalah sikat toilet. Alat ini berguna saat membersihkan toilet. Kamu bisa gunakan alat kebersihan ini untuk membersihkan lubang toilet sekaligus area di sekitarnya. Biasanya sikat toilet memiliki pegangan yang panjang untuk memudahkanmu menggunakannya.

9. Tempat Sampah

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Detik)

Terakhir, ada tempat sampah yang wajib ada di setiap rumah. Sediakan beberapa tempat sampah sesuai dengan keperluan, misalnya tempat sampah khusus sampah plastik, sampah rumah tangga, dan seterusnya.

Itulah beberapa alat kebersihan yang harus ada di rumah. Jangan lupa untuk membersihkan hunianmu dengan rutin karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Yuk mulai menerapkan hidup sehat dan bersih!

Alat Kebersihan yang Harus Ada di Setiap Rumah (via Kompas)