Perlu Diingat! Ini Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tanyakan Saat Kumpul Lebaran

Ada pertanyaan-pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat kumpul lebaran, yang akan membuat suasana bersama keluarga menjadi tidak menyenangkan. Apa saja?

Tahukah kamu bahwa ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak ditanyakan saat kumpul Lebaran ? Pasalnya, pertanyaan atau komentar tersebut akan membuat suasana bersama keluarga menjadi tidak menyenangkan. 

Padahal momen lebaran seharusnya menjadi momen membahagiakan dan ditunggu-tunggu karena bisa berkumpul bersama keluarga besar sekali dalam setahun. Karena itu, agar tidak membuat suasana menjadi canggung di hari yang fitri, kamu juga perlu memperhatikan untuk tidak melemparkan pertanyaan-pertanyaan “terlarang”. Apa saja, yuk simak ulasannya!

1. Kapan…?

Pertanyaan yang tidak boleh ditanyaan saat kumpul lebaran yang satu ini pasti seringkali kamu dengar, yaitu kapan. Mulai dari kapan lulus kuliah, kapan menikah, kapan punya anak, dan seterusnya. Coba kamu bayangkan, apa sopan bertanya tentang urusan pribadi seseorang? Apalagi hal-hal seperti menikah dan punya anak bukan sesuatu yang mudah seperti membeli buah di pasar. 

Seringnya, pertanyaan ini membuat orang yang ditanya menjadi tak enak hati. Kemudian suasananya akan berkembang menjadi canggung dan tak menyenangkan. Karena itu, hindari menanyakan hal-hal pribadi seperti ini, apalagi di depan umum.

Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tanyakan Saat Kumpul Lebaran (via Bola)

2. Mengomentari Fisik

Momen kumpul lebaran bisa jadi membuat seseorang bertemu saudara jauhnya setelah setahun tak bertemu.  Dalam rentang waktu yang panjang tersebut, seringnya kondisi fisik orang berubah. Bisa menjadi lebih kurus, lebih gemuk, lebih berjerawat, dan lain-lain. 

Walaupun memang nampak nyata perubahannya dari tahun lalu, tapi jangan sekali-kali melemparkan pertanyaan seperti, “Kamu gendutan ya? Kamu kok kurusan? Sekarang jerawatnya banyak ya?” Big No untuk pertanyaan seperti ini ya. Pertanyaan basa-basi menyangkut fisik tersebut bisa masuk dalam body shaming, lho. Seseorang yang mendapat pertanyaan itu juga akan merasa tidak enak hati dan mungkin akan menjauh darimu.

Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tanyakan Saat Kumpul Lebaran (via Kumparan)

3. Menanyakan Pasangan

Berikutnya ada pertanyaan yang sering muncul dan nyelekit juga, seperti “Mana calonnya kok nggak dibawa?” Mungkin hal ini terdengar biasa saja bagi yang bertanya, namun bagi yang ditanya, bisa jadi hal yang menyebalkan. 

Bayangkan saja, bagaimana kalau yang ditanya ternyata baru putus, tidak jadi menikah, atau bahkan ditinggal mantannya menikah? Pasti menyakitkan ditanya hal seperti itu, seperti membuka luka lama kembali. Jadi sebaiknya hindari pertanyaan seperti ini ya.

Itulah pertanyaan basa-basi yang tidak boleh ditanyakan saat kumpul lebaran . Coba ingat-ingat sebelum kumpul keluarga. Bahkan kalau perlu, ingatkan juga orang tua dan saudara agar tidak menanyakan hal-hal di atas.

Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tanyakan Saat Kumpul Lebaran (via CNN)