5 Cara Menjaga Work Life Balance Biar Kerja Tetap Maksimal

Menyeimbangkan urusan pekerjaan dengan hal lain adalah penting, oleh karena itu kamu wajib menjaga work life balance agar hidup kamu seimbang.

Setiap manusia tentu membutuhkan untuk mendapatkan uang. Namun jangan karena uang lalu kamu mengorbankan kesehatan mental kamu ya. Kamu wajib banget menjaga work life balance, agar hidup kamu seimbang.

Menyeimbangkan urusan pekerjaan dengan urusan lain adalah hal yang amat penting. Karena dengan tubuh dan jiwa yang sehat, maka kamu akan menjadi lebih produktif dan bisa menghasilkan lebih banyak uang. Berikut ini cara menjaga work life balance:

1. Ketahui Kemampuan Diri

Menjaga work life balance artinya kamu harus paham seberapa sih kemampuan kamu dalam menanggung beban dan tekanan pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan sesuai dengan kemampuan kamu. Bukan justru memaksakan diri.

2. Mengatur Jam Kerja

Menjaga Work Life Balance (via Halodoc)

Kerja hingga lembur itu sah-sah saja, karena ada pekerjaan yang memang harus selesai hari itu juga. Tapi kamu juga harus bisa mengatur jam kerja agar tidak kebablasan. Ingat kamu punya tubuh yang harus diistirahatkan, agar besok kamu bisa kembali prima.

3. Buat Prioritas

Menjaga Work Life Balance (via EKRUT)

Kamu juga bisa menjaga work life balance dengan cara membuat skala prioritas. Dahulukan mana yang lebih penting. Dengan begitu, kamu tidak akan terburu-buru, dan bisa bekerja sesuai ritme yang tepat.

4. Hindari Gangguan saat Bekerja

Menjaga Work Life Balance (via KoinWorks)

Gangguan saat bekerja itu banyak, mulai dari ponsel, teman, dan lainnya. Semua itu bisa memecah konsentrasi, akhirnya pekerjaan kamu tidak kunjung selesai.

5. Jangan Membawa Pekerjaan ke Rumah

Menjaga Work Life Balance (via Kompas Health)

Mungkin kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai, sehingga kamu membawanya ke rumah. Namun sayangnya hal ini kurang tepat. Kamu harus membedakan urusan kantor dan urusan rumah. Gunakan waktu di rumah untuk beristirahat, bukan untuk bekerja. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami stres.

Nah, itu tadi lima cara menjaga work life balance yang tepat agar kinerjamu tetap maksimal. Dengan menyeimbangkan semua aspek, kamu akan lebih produktif tanpa khawatir kesehatan dan kehidupan pribadi terganggu. Selamat mencoba.

Menjaga Work Life Balance (via Ipapa)