Jadi Lebih Awet, Ini Cara Merawat Alat Masak Kesayangan

Memahami bagaimana cara merawat alat masak wajib dilakukan para ibu-ibu di rumah. Yuk simak ulasannya!

Memahami bagaimana cara merawat alat masak wajib dilakukan para ibu-ibu di rumah. Terlebih buat kamu yang hobi mengoleksi peralatan masak. Jangan sampai alat masakmu di dapur rusak dan terbuang sia-sia, hanya karena kamu tidak tahu bagaimana cara merawatnya.

Perlu diketahui bahwa semakin sering peralatan masak tersebut dipakai, maka kualitasnya pun akan semakin berkurang. Apalagi kalau sudah termakan usia. Nah, agar alat masak kesayanganmu tetap awet dan tetap bias digunakan dalam waktu yang cukup lama, berikut ini beberapa tips merawatnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Segera Angkat Setelah Digunakan

Setelah memasak, kebanyakan orang meninggalkan begitu saja alat masak yang dipakai di atas kompor. Sebaiknya hal ini dihindari ya. Segera angkat panci atau wajan dari atas kompor setelah selesa memasak. Hal ini bertujuan agar hawa panas dari kompor tidak mudah merusak bagian bawah panci atau wajan tadi.

Cara Merawat Alat Masak (via Liputan6)

2. Cuci Alat Masak Saat Dingin

Cara lain yang bisa dilakukan agar alat masak awet adalah dengan mencucinya setelah dingin. Hindari mencuci peralatan masak saat masih panas atau hangat. Sebab mencuci panci atau wajan saat masih panas dengan air dingin dapat membuat alat masak mengalami kejutan termal yang mengakibatkan kerusakan.

Cara Merawat Alat Masak (via Cleanipedia)

3. Cuci dengan Silikon Food Grade

Mencuci peralatan masak juga tidak boleh sembarangan. Gunakan silikon food grade saat membersihkan alat memasak untuk menjaga kualitasnya, terlebih untuk alat masak yang memiliki lapisan anti lengket.

Cara Merawat Alat Masak (via Tribun Shopping)

4. Jangan Menumpuk Alat Masak

Cara terakhir agar peralatan masak menjadi lebih awet adalah jangan perna menumpuk alat masak saat menyimpannya. Terlebih jika alat masak tersebut memiliki lapisan anti lengket. Sebaiknya sediakan gantungan agar lapisan anti lengketnya tidak rusak dan lebih tahan lama.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat alat masak kesayangan agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya lebih lama dan tetap semangat menciptakan masakan-masakan lezat.

Cara Merawat Alat Masak (via Detik)