Percaya Enggak Percaya, Ini 5 Makanan yang Tidak Punya Kadaluwarsa

Umumnya makanan selalu memiliki masa expired dan tak lagi bisa dikonsumsi setelah waktu tertentu. Namun ternyata ada lho makanan yang tidak punya kadaluwarsa. Apa saja?

Umumnya makanan selalu memiliki masa kadaluwarsa, terlebih jika makanan tersebut adalah makanan kemasan. Pasti kamu akan cek tanggal kadaluwarsa untuk memastikan makanan tersebut layak makan. 

Tapi tahu nggak sih kalau ada makanan yang tidak punya kadaluwarsa ? Biasanya kadaluwarsa ini dalam hitungan hari, bulan, dan tahun. Namun beberapa makanan ini enggak punya masa kadaluwarsa lho. Apa saja?

1. Madu

Makanan pertama yang tidak memiliki masa kadaluwarsa adalah madu. Hal ini dikarenakan madu mengandung gula alami yang tinggi. Tidak hanya itu, madu juga memiliki sifat asam yang membuat bakteri tidak bisa berkembang biak di dalamnya.

Makanan yang Tidak Punya Kadaluwarsa (via Phiradio)

2. Pasta Kering

Selanjutnya adalah pasta kering. Tahu nggak sih jika disimpan dengan cara yang benar, pasta kering bisa bertahan selama 2 hingga 3 tahun lamanya. Tapi kamu bisa menyimpan pasta kering lebih lama lagi hingga 8 sampai 10 tahun kalau kamu menutup rapat dan menyimpan pasta kering tersebut dalam wadah yang kering dan sejuk.

Makanan yang Tidak Punya Kadaluwarsa (via San Antonio Express News)

3. Susu Bubuk

Susu sapi asli umumnya hanya bisa bertahan 2 minggu dalam lemari es. Namun berbeda dengan susu bubuk. Susu bubuk dengan lemak mampu bertahan selama 2-5 tahun, sedangkan susu bubuk tanpa lemak mampu bertahan 25 tahun.

Dengan catatan kamu menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk. Wow, lama banget ya. Tapi ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk ya, bukan susu formula kering yang hanya bertahan selama 1 tahun.

Makanan yang Tidak Punya Kadaluwarsa (via CekList)

4. Kopi Instan

Siapa sangka kalau kopi instan bisa bertahan hingga 2 sampai 20 tahun dalam suhu kamar. Apalagi kalau kamu menyimpannya dalam lemari es, kopi bisa bertahan seumur hidup. Menakjubkan ya? Namun untuk kopi bubuk dengan krim hanya bertahan 18-24 bulan saja.

Makanan yang Tidak Punya Kadaluwarsa (via detikFood)

5. Beras Putih

Menyimpan beras putih dalam wadah yang kering dan sejuk, dapat membuatnya bertahan selama 30 tahun. Dan beberapa pendapat mengatakan bahwa beras putih akan tetap segar jika disimpan dalam lemari es.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja makanan yang tidak punya kadaluwarsa . Percaya atau enggak nih? Meski tidak punya masa kadaluarsa, namun jangan sembarangan mengonsumsinya juga ya!

Makanan yang Tidak Punya Kadaluwarsa (via Majalah GPriority)